BIMBINGAN ORANG TUA DALAM PERENCANAAN KARIR REMAJA LULUSAN SMA TAHUN 2021/2022 DI DESA SUSUKAN SUMBANG BANYUMAS

Silviana, Hikmaeti (2023) BIMBINGAN ORANG TUA DALAM PERENCANAAN KARIR REMAJA LULUSAN SMA TAHUN 2021/2022 DI DESA SUSUKAN SUMBANG BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H.Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Silviana Hikmaeti_Bimbingan Orang Tua Dalam Perencanaan Karir Remaja Lulusan SMA Tahun 2021 2022 Di Desa Susukan Sumbang Banyumas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Orang tua adalah pihak terpenting yang harus terlibat dalam perencanaan karir, namun seringkali hal ini justru menjadi kendala dalam perencanaan karir anaknya dimana tidak adanya support dari orang tua maka karir sebagian anak sulit untuk bisa berhasil, namun ada beberapa anak yang berhasil tanpa dukungan atau bimbingan orang tua akan tetapi sangat sedikit sekali bila dibandingkan dengan bimbingan orang tua. Bimbingan orang tua merupakan suatu bantuan yang diberikan kepada individu untuk dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. Perencanaan karir merupakan proses memilih tujuan karir. Pada penelitian kali ini bertujuan untuk mengetahui bimbingan orang tua dalam perencanaan karir remaja lulusan SMA tahun 2021/2022 di Desa Susukan Sumbang Banyumas, serta metode yang diterapkan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini dilakukan kepada 6 orang tua dan 4 remaja yang berjumlah 10 orang di Desa Susukan. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa bimbingan yang dilakukan oleh orang tua sangat membantu anak dan anak juga mudah mengimplentasikannya di samping itu juga dilakukan dengan menggunakan beberapa tahap pertama diberikan pemahaman atau pengetahuan untuk diri sendiri, kedua diberikan pengetahuan dunia kerja, tahap yang terakhir yaitu pemahaman mengenai informasi pendidikan dan dunia kerja pemberian informasi ini akan memperluas pengetahuan yang di milikinya, dalam bimbingan orang tua ini juga diberikan semangat yang berupa ada yang memberikan berupa reward, pemberian masukan berupa motivasi dan pemberian petunjuk atau arahan kepada remaja. Dengan adanya bimbingan orang tua dalam perencanaan karir remaja lulusan SMA maka dapat memberikan pengetahuan serta pemahaman kepada remaja serta persiapan yang nantinya perlu dipersiapkan setelah lulus SMA agar nantinya mudah ketika memilih serta merencanakan karir untuk kedepannya. Disamping adanya tahapan, serta strategi dan metode dalam bimbingan orang tua dalam perencanaan karir juga terdapat beberapa hambatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Orang Tua, Perencanaan Karir, Remaja
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
300 Social sciences > 360 Social services; association
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: SILVIANA HIKMAETI sdri
Date Deposited: 23 Apr 2023 15:51
Last Modified: 23 Apr 2023 15:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19123

Actions (login required)

View Item View Item