Pandangan Hukum Islam Terhadap Penyitaan Barang Yang Sudah Diberikan (Studi Kasus Afilliator Tranding Indra Kenz Dan Doni Salmanan)

Fiodita, Risky Ramadhani (2023) Pandangan Hukum Islam Terhadap Penyitaan Barang Yang Sudah Diberikan (Studi Kasus Afilliator Tranding Indra Kenz Dan Doni Salmanan). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Fiodita Risky Ramadhani_PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENYITAAN BARANG YANG SUDAH DIBERIKAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Akhir-akhir ini di Indonesia sedang digegerkan dengan maraknya kasus pencucian uang yang dilakukan oleh beberapa afilliator platform trading. Salah satu diantaranya ialah Indra Kenz asal medan, Serta Doni Salmanan asal bandung yang kini menjadi tersangka penipuan dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) kasus aplikasi Binomo, Berdasarkan undang-undang Nomor 8 tahun 2010 menjelaskan bahwa semua aset entah itu berupa uang ataupun harta lainya yang telah diberikan oleh Doni Salmanan dimintai oleh kepolisian dan berkewajiban untuk mengembalikannya. Tetapi menurut hukum Islam uang atau barang yang telah diberikan kepada Reza Arap dan lain-lain adalah bentuk Hibah atau Hadiah dari Doni Salmanan. Pengembalian barang dalam hal ini adalah hibah yang mana kita semua tahu bahwa barang yang sudah diberikan tidak boleh diminta atau dikembalikan lagi, lalu bagaimana hukum islam melihat kasus yang ada mengenai barang yang sudah diberikan dikembalikan kembali Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini bersifat analisis deskripstif adalah metode dengan menganalisis kejadian-kejadian yang ada di sekitar kemudian dideskripsikan menjadi sebuah narasi yang mudah dipahami. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengkaji dan menelaah berbagai buku dan sumber tertulis lainnya yang mempunyai relevansi dengan kajian ini kemudian menggabungkan antara data primer dan sekunder ataupun data pendukung untuk disimpulkan tentang masalah penelitian. Karena jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif, maka peneliti dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan dengan teknik dokumentasi. Penelitian ini menunjukan bahwa adanya dua jawaban dari dua rumusan masalah dimana sitem pencuacian yang dilakukan indra kenz dan doni salmanan yakni mengunakan system Placement (mendepositokan uang hasil tindak pidana ke dalam sistem keuangan pribadi atau orang lain), Layering, memutuskan hubungan hasil kejahatan itu dari sumbernya, Integration, membawa kembali hasil cuci uang ke dalam sirkulasi dalam bentuk seperti pendapatannya sendiri. Kemudian terkait sudut pandang islam dalam hal ini adalah tidak boleh mengambil kembali barang yang sudah dihibahkan, dan status hibahnyapun menjadi tidak sah karena bersumber dari penipuan. Kata kunci: Money laundry, Hibah, Hukum islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Money laundry, Hibah, Hukum Islam
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.25 Pemberian (Termasuk Sadaqah dan Wakaf)
Depositing User: FIODITA Risky Ramadhani sdri
Date Deposited: 19 Apr 2023 09:47
Last Modified: 19 Apr 2023 09:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19121

Actions (login required)

View Item View Item