STRATEGI PENINGKATAN KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENGEMBANGAN WIRAUSAHA (Studi Pondok Pesantren Nurul Hidayah, Desa Bandung, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen)

Himmatul Auliya, Mustika Sari (2023) STRATEGI PENINGKATAN KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENGEMBANGAN WIRAUSAHA (Studi Pondok Pesantren Nurul Hidayah, Desa Bandung, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HIMMATUL AULIYA_STRATEGI PENINGKATAN KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENGEMBANGAN WIRAUSAHA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan tradisional, pesantren mengalami tantangan untuk menjadikan santrinya agar lebih berkualitas. Peningkatan kapasitas sumber daya manusia berbasis santri dapat dilakukan melalui penguatan kegiatan berbasis keilmuan tafaqquh fiddin dengan cara diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendalami bagaimana strategi peningkatan kapasitas sumber daya manusia di Pondok Pesantren Nurul Hidayah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dengan subjek pengasuh Pondok Pesantren Nurul Hidayah, Pengurus Pondok Pesantren Nurul Hidayah, dan Santri Pondok Pesantren Nurul Hidayah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan untuk meningkatkan kapasitas SDM oleh Pondok Pesantren Nurul Hidayah itu dengan menggunakan prinsip JIGANG (Ngaji dan Berdagang). Istilah tersebut maksudnya adalah santri di pondok pesantren tidak hanya mengaji dan menuntut ilmu tetapi juga harus bisa terjun ke wirausaha. Program yang diterapkan ada program Pendidikan Diniyyah Formal, Program Madrasah Diniyyah Salafiyah, dan Program di Luar Madrasah, serta program kegiatan untuk menunjang keterampilan dan kemampuan santri. Strategi dan Program tersebut akan menghasilkan alumni-alumni yang memiliki bakat dan kualitas dalam diri seorang santri dengan memiliki dan menciptakan usaha baru sesuai dengan bakat masing-masing. Kata Kunci: Strategi, Pondok Pesantren, Peningkatan Kapasitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Peningkatan Kapasitas, Pondok Pesantren
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 606 Organizations
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
700 The arts > 706 Organizations and management
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Himmatul Auliya Mustika Sari sdri
Date Deposited: 19 Apr 2023 09:29
Last Modified: 19 Apr 2023 09:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19109

Actions (login required)

View Item View Item