PELAYANAN SOSIAL ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KLAS KUTOARJO

GALIH, NUR KHOBIB (2023) PELAYANAN SOSIAL ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KLAS KUTOARJO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Galih Nur Khobib_Pelayanan Sosial Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas 1 Kutoarjo.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Anak merupakan warisan dan generasi tumbuh kembang bangsa. Pada zaman sekarang tidak semua anak menikmati kebutuhan dasar. Anak-anak yang kurang terpenuhi kebutuhanya akan berusaha mendapatkannya. Tidak jarang anak-anak akan melakukan tindakan kriminal, sehingga berakhir pada pemenjaraan. Oleh karena itu, dibutuhkan Pelayanan Sosial Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum (ABH) di Lembaga Pembinaan Khusus Anak salah satunya LPKA Klas 1 Kutoarjo. Permasalahan untuk mencukupi kebutuhan dasar diberikan melalui pelayanan sosial anak sehingga dapat kembali kemasyarakat dengan lebih baik dalam mengemban tanggung jawab atas keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara. Sehingga munculah rumusan masalah “Bagaimana Pelayanan Sosial Anak Yang berhadapan Dengan Hukum dan Apa Hambatan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Kutoarjo”. Pelayanan sosial ABH memberikan pemenuhan hak-hak , dan kebutuhan anak sesuai dengan data dan informasi yang ada. Pelayanan sosial anak berhadapan dengan hukum memberikan proses pelayanan dari masa AOB (Admisi, Orientasi, dan Obsrvasi), Pembinaan Anak, Perawatan makanan kesehatan dan perlengakapan, Pengawasan dan penegakan disiplin, dan pengeluaran anak seta hambatan pelayanan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Kutoarjo. Metode penelitian bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan yang diambil berjumlah 6 orang yaitu 3 anak binaan dan 3 petugas LPKA Klas 1 Kutoarjo. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pelayanan Sosial ABH di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas 1 Kutoarjo memiliki proses dari AOB sampai pengeluaran anak dengan memberikan pemenuhan hak dan kebutuhan anak, dengan proses walaupun ada hambatan tetap berhasil. Keberhasilan pelayanan sosial anak yang berhadapan dengan hukum berjalan dengan lancar dengan proses selalu mengedapankan kepentingan anak, pemenuhan kebutuhan anak, dan pengintegrasian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: anak, pelayanan sosial ABH, hak-hak anak, kebutuhan anak, dan pembinaan anak.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: GALIH NUR KHOBIB sdr
Date Deposited: 19 Apr 2023 09:14
Last Modified: 19 Apr 2023 09:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19104

Actions (login required)

View Item View Item