SENGKETA WANPRETASI AKAD MUSYARAKAH ANTARA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH BMT MENTARI BUMI PURBALINGGA DAN NASABAHNYA (Studi Putusan Nomor 008/Pdt.GS/2020/PA.Pbg)

Anggun, Dewi Prasasti (2023) SENGKETA WANPRETASI AKAD MUSYARAKAH ANTARA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH BMT MENTARI BUMI PURBALINGGA DAN NASABAHNYA (Studi Putusan Nomor 008/Pdt.GS/2020/PA.Pbg). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ANGGUN DEWI PRASASTI_SENGKETA WANPRESTASI AKAD MUSYARAKAH ANTARA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH BMT MENTARI BUMI PURBALINGGA DAN NASABAHNYA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sengketa wanprestasi akad pembiayaan musyarakah antara Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah dengan nasabahnya yang diadili oleh Pengadilan Agama Purbalingga. Dalam sengketa tersebut nasabah telah melakukan perbuatan wanprestasi terhadap perjanjian pembiayaan musyarakah. Majelis Hakim dalam putusan menyatakan bahwa gugatan dari penggugat tidak diterima oleh Pengadilan Agama Purbalingga. Penulis menganalisis pertimbangan hukum hakim pada sengketa wanprestasi akad musyarakah pada putusan nomor 008/Pdt.GS/2020/PA.Pbg Penelitian yang penulis lakukan termasuk penelitian kepustakaan yaitu Penelitian yang fokus pada objek penelitian berupa Putusan Pengadilan Agama Purbalingga Nomor 008/Pdt.GS/2020/PA.Pbg. Adapun pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah pendekatan kasus (case approach) yaitu dilakukan dengan menelaah kasus wanprestasi dalam akad musyarakah pada putusan Pengadilan Agama Purbalingga yang telah berkekuatan hukum tetap. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, studi dokumentasi, dan interview atau wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hakim dalam memutuskan perkara tersebut menyatakan gugatan Penggugat tidak dapat diterima dan menghukum Penggugat untuk membayar biaya perkara, karena di dalam gugatannya terdapat cacat formil yang menyebabkan gugatan menjadi tidak jelas, antara posita dan petitum yang tidak singkron dengan jumlah yang dimohonkan untuk ditetapkan dan dimohonkan untuk dibayarkan tidak sama, menjadikan petitum yang satu dengan petitum lainnya bertentangan. Hakim dalam memutus perkara dengan pertimbangan hukumnya dan keputusan hakim tersebut sudah sesuai. Kata Kunci: Putusan Pengadilan, Sengketa, Wanprestasi, Akad Musyarakah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Putusan Pengadilan, Sengketa, Wanprestasi, Akad Musyarakah.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.24 Persekutuan (Syirkah, Qirad, Mudhorobah, Murabahah, Musaqoh, Muzaroah)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Anggun Dewi Prasasti sdri
Date Deposited: 19 Apr 2023 07:11
Last Modified: 19 Apr 2023 07:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19096

Actions (login required)

View Item View Item