MEANINGFUL PARTICIPATION DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DI INDONESIA PERSPEKTIF SIYĀSAH DUSTŪRIYAH (Studi Putusan Mahkamah Konstitusi No.91/PUU-XVIII/2020)

Feri, Irawan (2023) MEANINGFUL PARTICIPATION DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DI INDONESIA PERSPEKTIF SIYĀSAH DUSTŪRIYAH (Studi Putusan Mahkamah Konstitusi No.91/PUU-XVIII/2020). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
FERI IRAWAN_MEANINGFUL PARTICIPATION DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DI INDONESIA PERSPEKTIF SIYĀSAH DUSTŪRIYAH (Studi Putusan Mahkamah Konstitusi No. 91PUU-XVIII2020).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mahkamah Konstitusi dalam sejarah peradilan di Indonesia, pertama kalinya mengabulkan permohonan tentang pengujian formil undang-undang yakni tertuang dalam Putusan MK No.91/PUU-XVIII/2020 tentang pengujian formil Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Kemudian melalui putusan ini menjadi landasan bahwa partisipasi masyarakat dalam pembentukan undang-undang belum maksimal dan optimal sehingga oleh MK kemudian dalam pertimbangannya bahwa dalam pembentukan undang-undang harus menerapkan partisipasi masyarakat yang bermakna (meaningful participation). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan yuridis normatif berupa pendekatan konsep (conceptual approach) dengan data primer berupa Putusan MK No.91/PUU-XVIII/2020. Kemudian metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi yakni dengan mengumpulkan berbagai sumber seperti bahan hukum, berkas-berkas atau dokumen-dokumen terkait penelitian. Dan dengan metode analisis data berupa analisis deduktif, penulis menganalisis data yang diperoleh dari yang sifatnya umum ke khusus. Penelitian ini kemudian menunjukan bahwa konsep meaningful participation sebagaimana dalam Putusan MK No.91/PUU-XVIII/2020 bermakna pertama, hak untuk didengarkan pendapatnya (right to be heard); kedua, hak untuk dipertimbangkan haknya (right to be considered); ketiga, hak untuk mendapatkan penjelasan atau jawaban atas pendapat yang diberikan (right to be explained) serta telah sesuai dengan Pasal 27 ayat (1) dan 28C ayat (2) UUD 1945 dan sesuai dengan model partisipsi The Possible Ideal For South Africa yang secara garis besar mengakomodir pemenuhan hak berpartisipasi sedangkan menurut perspektif siyāsah dustūriyah konsep meaningful participation telah sesuai dengan pemenuhan, perlindungan dan penghormatan hak-hak rakyat dan telah sesuai dengan konsep ummah, yakni kedua konsep tersebut merupakan pelaksana undang-undang yang memiliki peran penting dalam pembentukan dan keberlakuan undang-undang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meaningful Participation, Pembentukan Undang-Undang, Siyāsah Dustūriyah
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 342 Constitutional and administrative law
300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases
300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases > 348.3 Specific Jurisdiction (Undang-undang dan Peraturan)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Feri Irawan
Date Deposited: 18 Apr 2023 03:59
Last Modified: 18 Apr 2023 03:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19089

Actions (login required)

View Item View Item