TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI SOLAR SISA TRUK (Studi Kasus Pengepul Solar Sisa Truk Perusahaan Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas)

Derina, Dinda Rahmaningrum (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI SOLAR SISA TRUK (Studi Kasus Pengepul Solar Sisa Truk Perusahaan Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN PROF. KH SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Derina_ Dinda-HES.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini mengungkap jual beli solar sisa truk perusahaan dalam perspektif hukum Islam. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah sopir-sopir perusahaan di Kecamatan Cilongok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan melakukan pengamatan langsung proses jual beli solar sisa antara pengepul dan sopir truk. Kemudian dilakukan wawancara dengan beberapa pihak mengajukan beberapa pertanyaan kepada pengepul solar sisa dan sopir truk perusahaan. Selanjutnya dokumentasi yaitu data-data terkait praktik jual beli solar sisa. Metode analisis data yang digunakan penulis adalah metode kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan yaitu dari orang-orang yang dapat diamati Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik jual beli solar sisa yang dilakukan oleh sopir truk perusahaan di kecamatan Cilongok dalam perspektif hukum Islam berdasarkan QS. Asy-Syu’ara jual beli tersebut merugikan orang lain. Karena barang yang diperjual belikan bukan milik sendiri akan tetapi hak milik perusahaan. Dan diantara sopir truk dan pengepul mengetahui hal tersebut akan tetapi mereka tetap melakukan transaksi jual beli. Sehingga jual beli tersebut termasuk ke dalam jual beli fudhuli yaitu jual beli yang bukan milik sendiri. Jual beli tersebut sudah jelas merugikan pihak lain yaitu perusahaan, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa praktik jual beli solar sisa yang dilakukan di Kecamatan Cilongok tidak sah. Kata Kunci: Jual Beli, Solar Sisa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli, Solar Sisa
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Derina Dinda Rahmaningrum sdri
Date Deposited: 18 Apr 2023 03:34
Last Modified: 18 Apr 2023 03:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19088

Actions (login required)

View Item View Item