PENALTI DAN PENGURANGAN BAGI HASIL DEPOSITO PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Di BMT Dana Mentari Cabang Karanglewas)

Marlina, Dwi Nur Khasanah (2023) PENALTI DAN PENGURANGAN BAGI HASIL DEPOSITO PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Di BMT Dana Mentari Cabang Karanglewas). Skripsi thesis, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
MARLINA DWI NUR KHASANAH_PENALTI DAN PENGURANGAN BAGI HASIL DEPOSITO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mud}a>rabah atau deposit (deposito) adalah simpanan yang tunduk pada hukum syariah mud}a>rabah Mut}laqah. Dalam simpanan tersebut, mud}arib (anggota) mempercayakan kepada BMT Dana Mentari untuk memanfaatkan dana secara produktif sebagai pembiayaan dan digunakan untuk memberikan manfaat kepada anggota lainnya dengan cara yang legal dan profesional. Fatwa DSN MUI No.03/DSN-MUI/2000 menyatakan penarikan dana nasabah hanya dapat dilakukan sesuai kesepakatan waktu yang disepakati. Dalam Prakteknya di BMT Dana Mentari banyak nasabah melakukan pencairan dana deposito sebelum jatuh tempo dengan berbagai alasan sehingga BMT Dana Mentari mengenakan biaya penalti serta pemotongan bagi hasil. Penelitian ini merupakan penelitian lapangam (field research), yaitu penelitian yang didapat dari sumber data primer yaitu sumber data yang diperoleh langsung dari lapangan. Sumber data sekunder yaitu sumber data yang diperoleh dari catatan dan buku-buku terkait pada permasalahan yang penulis kaji. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, observasi, dan wawancara, kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu yuridis-normatif. Hasil penilitian menunjukan bahwa penalti ini dibebankan karena dapat menganggu likuiditas BMT Dana Mentari. Sehingga BMT perlu membebankan penalti (denda) kepada setiap nasabah deposito berjangka yang menarik depositonya sebelum jatuh tempo. Pengambilan Penalti Dan Pengurangan Bagi Hasil Deposito di BMT Dana Mentari Cabang Karanglewas tidak diperbolehkan karena tidak susuai dengan ketentuan fatwa DSN MUI 129/DSN-MUI/VII/20l9 Tentang Biaya Riil Sebagai Ta’widh Akibat Wanprestasi. Kata kunci : Deposito , Penalti, Pengurangan Bagi Hasil

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Deposito , Penalti, Pengurangan Bagi Hasil
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Marlina Dwi Nur Khasanah
Date Deposited: 18 Apr 2023 03:32
Last Modified: 18 Apr 2023 03:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19082

Actions (login required)

View Item View Item