ETIKA KOMUNIKASI DAKWAH KADAM SIDIK MELALUI MEDIA TIKTOK

Jannah, Mahdiyyah Nuur (2023) ETIKA KOMUNIKASI DAKWAH KADAM SIDIK MELALUI MEDIA TIKTOK. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Mahdiyyah Nuur Jannah_Etika Komunikasi Dakwah Kadam Sidik melalui Media TikTok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ETIKA KOMUNIKASI DAKWAH MERUPAKAN ILMU YANG DAPAT MELIHAT ATAU MENILAI BAIK BURUKNYA SESEORANG DALAM BERKOMUNIKASI KEPADA LAWAN BICARANYA, DAN DAPAT MENGAJAK SESEORANG UNTUK MELAKUKAN SESUATU DENGAN MEMBERIKAN KEBAIKAN YANG SESUAI DENGAN AJARAN-AJARAN ISLAM SERTA DAPAT DITERAPAKNA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-SEHARI. SEIRING DENGAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI, PENYAMPAIAN DAKWAH BANYAK DILAKUKAN DENGAN MENGGUNAKAN MENDIA SOSIAL SALAH SATUNYA MENGGUNAKAN MEDIA TIKTOK. SALAH SATU PENDAKWAH YANG MENGGUNAKAN TIKTOK DALAM MENYAMPAIKAN DAKWAHNYA YAITU KADAM SIDIK DENGAN NAMA AKUN @KADAMSIDIK00 YANG MEMBERIKAN MATERI DAKWAH TENTANG KEHIDUAN SEHARI-HARI TUJUAN PENELITIAN DALAM PENULISAN SKRIPSI INI YAITU UNTUK MENGANALISIS ETIKA KOMUNIKASI HUSAIN PADA AKUN TIKTOK @KADAMSIDIK00. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN METODE PENELITIAN KUALITATIF DESKRIPIF. PENELITIAN INI BERMAKSUD UNTUK DAPAT MEMAHAMI PENERAPAN DALAM ETIKA KOMUNIKASI DAKWAH DI MEDIA TIKTOK KADAM SIDIK PADA AKUN @KADAMSIDIK00. KEMUDIAN, TEORI YANG DIGUNAKAN YAITU TEORI ETIKA ATAU TEORI TALIF UNTUK PROSES DAKWAH DARI DINDIN SHOLAHUDDIN. PENGUMPULAN DATA DILAKUKAN DENGAN CARA DOKUMENTASI DAN OBSERVASI. ANALISIS DATANYA BERUPA REDUKSI DATA, TAHAP PENYAJIAN DATA, DAN TAHAP PENARIKAN KESIMPULAN ATAU VERIFIKASI. HASIL DARI PENELITIAN VIDEO DAKWAH YANG DILAKUKAN KADAM SIDIK PADA AKUN @KADAMSIDIK00 TERDAPAT 10 VIDEO TETAPI HANYA TERDAPAT 8 VIDEO YANG DITEMUKAN. HUSAIN DALAM BERDAKWAH TERUTAMA SEBAGAI SEORANG DAI MELAKUKAN KEGIATAN DAKWAHNYA DENGAN IKHLAS DI MEDIA TIKTOKNYA DAN BUKAN KARENA KEPENTINGAN DIRINYA. IA JUGA MEMOSISIKAN DIRINYA SEDEKAT MUNGKIN DENGAN MADU, BERSIKAP LEMAH LEMBUT, SERTA MEMAHAMI RONA WAJAHNYA. KEMUDIAN, IA TIDAK MEMALINGKAN MUKA SAAT BERKOMUNIKASI DENGANYA. IA SELALU DAPAT BERKOMUNIKASI ATAU BERCAKAP-CAKAP DENGANNYA TANPA MERASA LEBIH TINGGI. HUSAIN JUGA DAPAT MEMBERIKAN SUATU NASIHAT SECARA RAHASIA JUGA TIDAK MEMBUKANYA MENJADI KONSUMSI PUBLIK. SERTA MEMBERIKAN SUATU HADIAH UNTUK MEREBUT HATI MADUNYA, JUGA MENGAJAK MADUNYA UNTUK BERTADABUR ALAM, AGAR MADUNYA SENANTIASA MENGINGAT ALLAH DENGAN BERDZIKIR. DAN TERAKHIR DALAM BERDAKWAHPUN PASTI TERDAPAT PERBEDAAN PENDAPAT SEPUTAR FIKIH DENGAN MADUNYA. TETAPI KADAM MEMAHAMINYA. SELANJUTNYA, TERDAPAT VIDEO YANG TIDAK SESUAI DENGAN ETIKA KOMUNIKASI DAKWAH YAITU KADAM SIDIK HANYA MENUNJUKKAN RASA SIMPATINYA IA KURANG MENUNJUKAN RASA EMPATINYA. DAN IA JUGA MENGATAKAN PERKATAAN “MUNAFIK” 3X DIULANG, PERKATAAN TERSEBUT TIDAK SEMUA ORANG DAPAT MENERIMANYA, KADAM HANYA MENUNJUKKAN SIKAP TEGASNYA TERHADAP MADUNYA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Etika Komunikasi Dakwah, TikTok
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
300 Social sciences > 303 Social processes
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mahdiyyah Nuur Jannah
Date Deposited: 17 Apr 2023 21:23
Last Modified: 17 Apr 2023 21:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19056

Actions (login required)

View Item View Item