PENYESUAIAN DIRI DALAM INTERAKSI SOSIAL SISWA DI SEKOLAH OLEH PENGHAYAT KEPERCAYAAN PADA HIMPUNAN KEBATINAN RUKUN WARGA BANYUMAS

Muhammad, Nur Fadllirrohim (2023) PENYESUAIAN DIRI DALAM INTERAKSI SOSIAL SISWA DI SEKOLAH OLEH PENGHAYAT KEPERCAYAAN PADA HIMPUNAN KEBATINAN RUKUN WARGA BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muhammad Nur Fadllirrohim 1917101083.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk mengetahui penyesuaian diri dalam interaksi sosial siswa di sekolah yang dilakukan oleh siswa Penghayat Kepercayaan yang dikaji dari segi bentuk, tahapan dan melihat faktor yang mempengaruhinya.Mengingat pada hakikatnya penyesuaian diri merupakan respon kompleks yang wajar dilakukan oleh manusia ketika menghadapi perbedaan antara dirinya dan realita lingkungan. Pada kenyataan yang ada pada kehidupan bersosial di Indonesia sampai saat ini perbedaan akan sangat terasa pada kelompok masyarakat minoritas seperti Penghayat Keperyaan. Melihat sejarah panjang yang dilalui Penghayat Kepercayaan serta masih ditemukan kasus diskriminasi, khususnya di ranah sekolah membuat penelitian ini sangat perlu dilakukan. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penyesuaian diri dalam interaksi sosial siswa di sekolah oleh Penghayat Kepercayaan Himpunan Kebatinan Rukun Banymas serta mengungkap apa saja faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa Himpunan Kebatinan Rukun Warga Banyumas. Dalam mengkajinya peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan terdapat dua subjek. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi menghasilkan jawaban rumusan masalah. Hasil penelitian ini adalah bentuk penyesuaian diri kedua subjek saat ini adalah Well- adjustment dengan tipe yang berbeda pada setiap subjek, serta satu diantar subjek pernah mengalami Mal-adjusment. Diketahui faktor yang mempengaruhi bukan merupakan faktor identitas sebagai Penghayat Kepercayaan melainkan faktor lain yang ditemukan. Temuan lain di luar topik kajian yaitu di sekolah masih ditemukan adanya bentuk diskriminasi yang dilakukan oleh guru terhadap murid yang dianggap berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian diri, Interaksi sosial, Penghayat Kepercayaan
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 305 Social groups
300 Social sciences > 307 Communities
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Muhammad Nur Fadllirrohim
Date Deposited: 17 Apr 2023 20:40
Last Modified: 17 Apr 2023 20:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19019

Actions (login required)

View Item View Item