"PESAN DAKWAH DALAM NOVEL REMBULAN TENGGELAM DI WAJAHMU KARYA DARWIS TERE LIYE (Kajian Analisis Hermeneutika Paul Ricoeur)"

Zakiya, Rahmadani (2023) "PESAN DAKWAH DALAM NOVEL REMBULAN TENGGELAM DI WAJAHMU KARYA DARWIS TERE LIYE (Kajian Analisis Hermeneutika Paul Ricoeur)". Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ZAKIYA RAHMADANI_1917102036 .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pesan dakwah adalah materi ajaran Islam yang menyangkut segala aspek kehidupan dari segi aqidah, syariat dan akhlak yang tidak lepas dari Al-Qur’an dan Al-Sunnah, yang disampaikan oleh da’i (komunikator) kepada mad’u (komunikan) atau khalayak. Semakin berkembangnya zaman, memberikan banyak perubahan dalam kehidupan manusia. Adapun salah satu contohnya yaitu dakwah harus dikemas dengan berbagai sarana, agar dakwah dapat berlangsung dengan efektif dan efisien. Dengan adanya kondisi tersebut membuat para da’i memanfaatkan berbagai media sebagai salah satu penunjang keberhasilan dalam berdakwah. Seperti yang dilakukan Darwis Tere Liye yang melakukan dakwah bil qalam melalui novel. Novel merupakan salah satu media cetak yang dapat digunakan dalam menyampaikan suatu pesan, termasuk oleh da'i. Digunakan untuk menyampaikan pesan, baik yang tersurat maupun tersirat dan mampu membawa perasaan para pembaca untuk berada dalam cerita. Darwis memadukan sastra dan dakwah melalui karya sastra, yaitu Novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis pesan dakwah dalam novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu karya Darwis Tere Liye. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dan menggunakan Analisis Hermeneutika Paul Ricoeur dengan menerapkan teori Distansiasi, Interpretasi, serta Apropriasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu karya Darwis Tere Liye mengandung tiga unsur pesan dakwah yaitu aqidah, syari’ah dan akhlak. Meskipun tidak seluruh Bab dalam novel tersebut mengandung pesan dakwah, namun setiap kalimat yang terkandung dalam novel tersebut merupakan sebuah kalimat baik yang dapat diambil sebagai pelajaran yang baik dan diterapka dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Hermeneutika, Pesan Dakwah, Novel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hermeneutika, Pesan Dakwah, Novel
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ZAKIYA RAHMADANI sdri
Date Deposited: 17 Apr 2023 19:40
Last Modified: 17 Apr 2023 19:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19004

Actions (login required)

View Item View Item