POTRET KEHIDUPAN SOSIAL KEAGAMAAN PELAKU KONVERSI AGAMA DAN FAKTOR PENYEBAB TERHADAP KEHIDUPAN KELUARGA (Studi Kasus di Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara)

Lutfi, Nur Khafifah (2023) POTRET KEHIDUPAN SOSIAL KEAGAMAAN PELAKU KONVERSI AGAMA DAN FAKTOR PENYEBAB TERHADAP KEHIDUPAN KELUARGA (Studi Kasus di Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LUTFI NUR KHAFIFAH SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Indonesia terdiri dari masyarakat yang beraneka ragam baik dari segi suku, budaya, adat-istiadat dan agama. Seperti halnya di Kecamatan Purwareja Klampok yang masyarakatnya menganut agama yang beragam, ehingga terdapat masyarakat yang berpindah agama yaitu salah satu faktornya akibat pernikahan dan konflik kejiwaan. Perbedaan agama di dalam perkawinan mempunyai potensi masalah yang menentukan keharmonisann suatu hubungan apabila tidak bersikap baik dan bijak. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori Struktural Fungsional Robert K. Merton dan Teori Peran. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Kehidupan Sosial Keagamaan pelaku Konversi Agama bisa terjadi akibat adanya dampak social yang meliputi dampak terhadap akidah dan ibadah, bersikap ekstrovet dan optimis dalam hidup, berubahnya pandangan hidup, terhadap kehidupan runag tangga. Kemudian membahas faktor penyebab konversi agama di kehidupan keluarga dan aspek-aspeknya, kemudian di analisis dengan teori structural fungsional. Kata kunci : Konversi agama, Kehidupan social keagamaan, dampak social keagamaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Konversi agama, Kehidupan social keagamaan, dampak social keagamaan
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Studi Agama - Agama
Depositing User: Lutfi Nur Khafifah sdri
Date Deposited: 17 Apr 2023 19:20
Last Modified: 17 Apr 2023 19:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18978

Actions (login required)

View Item View Item