RESILIENSI REMAJA PASCA KEMATIAN ORANG TUA DI DESA SOKARAJA KECAMATAN PAGENTAN KABUPATEN BANJARNEGARA

Aufa, Majidah (2023) RESILIENSI REMAJA PASCA KEMATIAN ORANG TUA DI DESA SOKARAJA KECAMATAN PAGENTAN KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AUFA MAJIDAH_1917101047_SKRIPSI RESELIENSI REMAJA PASCA KEMATIAN ORANG TUA DI DESA SOKARAJA KECAMATAN PAGENTAN KABUPATEN BANJARNEGARA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Resiliensi adalah kemampuan seseorang untuk bertahan hidup, tumbuh, dan beradaptasi dengan situasi sulit. Hal tersebut dapat dilihat dari resiliensi pada remaja yang orang tuanya telah meninggal, proses berbeda pada setiap remaja untuk dapat menghadapi dan bertahan di masa remaja tanpa kehadiran orang tua. Adanya berbagai faktor juga mempengaruhi remaja untuk bertahan hidup, terutama setelah orang tuanya meninggal dunia tentunya bagi remaja perlu adanya dorongan baik dari dalam diri individu maupun dari luar individu untuk menciptakan suatu kemampuan atau kapasitas individu dalam mengatasi berbagai masalah yang dihadapi dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar untuk lebih baik ke depannya. Penelitian ini membahas tentang resiliensi remaja pasca kematian orang tua di Desa Sokaraja Kecamatan Pagentan Kabupaten Banjarnegara. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui resiliensi remaja pasca kematian orang tua di Desa Sokaraja Kecamatan Pagentan Kabupaten Banjarnegara. Penilitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah 2 orang remaja yang berinisial ZF dan IM yang orang tuanya sudah meninggal di Desa Sokaraja Kecamatan Pagentan Kabupaten Banjarnegara. Hasil penelitian tentang resilensi remaja pasca kematian orang tua di Desa Sokaraja Kecamatan Pagentan Kabupaten Banjarnegara pada ZF dan IM yang telah dilakukan sehingga mendapatkan hasil yang menunjukkan remaja mampu bersikap tenang, memiliki harapan untuk meraih impian, memiliki hubungan sosial yang positif terutama pada keluarga dan lingkungan sekitarnya, menemukan jalan hidup pada kedua remaja meskipun telah kehilangan salah satu orang tua, mampu mengendalikan emosi dan pikiran ke arah yang positif dan mampu dalam berpikir positif dan dapat memotivasi dirinya sendiri serta memiliki prilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Resiliensi, Remaja, Kematian Orangtua
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 101 Theory of philosophy
100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services > 362.7 Problem and Service to Young People (Anak dan Remaja)
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Aufa Majidah
Date Deposited: 17 Apr 2023 19:13
Last Modified: 17 Apr 2023 19:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18972

Actions (login required)

View Item View Item