MODEL KEPEMIMPINAN PENGASUH BOARDING SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMP BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO

Prafangasta, Novinda Deanita (2023) MODEL KEPEMIMPINAN PENGASUH BOARDING SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMP BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Pafangasta N.D 1617401082.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan cara yang dilakukan secara sadar dan terencana untuk mengembangkan potensi atau kemampuan yang dimiliki oleh seorang individu dengan suasana dan proses belajar yang mendukung potensi yang dimiliki. Oleh individu tersebut. Penyelenggaraan Pendidikan ditingkat sekolah tidak terlepas dari adanya pengaruh yang diberikan oleh pemimpin di sekolah atau biasa kita kenal sebagai kepala sekolah. Sebagai kepala sekolah memiliki tanggung jawab untuk memimpin sekolah sudah seharusnya memiliki kemampuan mumpuni dalam menyelenggarakan pendidikan yang seimbang antara kecerdasan emosional dan spiritual untuk menghasilkan lulusan yang berkuaitas dari sisi intelektual dan karakter pribadinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan model kepemimpinan pengasuh boarding schoolIdalam pembentukanI karakter disiplin siswaIdi iSMP BoardingiSchool Putra HarapanaPurwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Objek dari penelitian ini adalah model kepemimpinan pengasuh Boarding School dalam pembentukan karakter disiplin siswa. Sedangkan, subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pengasuh boarding school, guru dan siswa SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Lalu untuk analisis data tersebut menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa model kepemimpinan pengasuh boarding school kepemimpinan partisipatif dengan tipe demokratis. Tipe kepemimpinan ini paling tepat untuk memimpin organisasi modern. Pembinaan kedisiplinan di SMP Boarding School SMP Putra Harapan Purwokerto, dilakukan dengan cara pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan sebelum berangkat. Dalam mata pelajaran, baik dalam pengumpulan tugas maupun tanggung jawab dalam menjaga kebersihan lingkungan. Upaya yang dilakukan dalam penumbuhan karakter disiplin adalah pemberian contoh oleh guru dan upaya yang bersifat preventif yakni upaya pemberlakuan tata tertib sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Kepeminpinan, Pengasuh Boarding School, Karakter Disiplin
Subjects: 700 The arts > 707 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Prafangast Novinda Deanita sdri
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:34
Last Modified: 17 Apr 2023 07:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18963

Actions (login required)

View Item View Item