PENDIDIKAN KARAKTER DI SD ISLAM PLUS MASYITHOH KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015

FAIDATURROHMAH, 1123301069 (2015) PENDIDIKAN KARAKTER DI SD ISLAM PLUS MASYITHOH KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
FAIDATURROHMAH_PENDIDIKAN KARAKTER DI SD ISLAM PLUS MASYITHOH KROYA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
COVER,, BAB I, BAB V , DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Semakin menurunnya etika dan moral peserta didik dan semakin maraknya penyimpangan serta kenakalan pelajar. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan adanya perbuatan asusila, tawuran, dan terjadinya tindak kekerasan baik di sekolah maupun di luar sekolah yang dilakukan oleh pelajar. Pendidikan karakter merupakan solusi yang tepat untuk memperbaiki krisis moral yang terjadi di Indonesia. Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada peserta didik yang meliputi komponen kesadaran, pemahaman, kepedulian dan komitmen yang tinggi untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut baik terhadap Allah, diri sendiri, masyarakat dan bangsa secara keseluruhan. Untuk membentuk peserta didik agar memiliki akhlak yang baik maka pendidikan karakter sangat penting ditanamkan kepada anak pada jenjang sekolah dasar yang berbasis Islam (SD Islam) supaya terbentuklah peserta didik yang lebih unggul dari sekolah dasar pada umumnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana internalisasi pendidikan karakter di SD Islam Plus Masyithoh Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Penelitian yang dilakukan di SD Islam Plus Masyithoh Kroya bertujuan untuk mendiskripsikan atau menggambarkan secara jelas dan mendalam tentang internalisasi pendidikan karakter di SD Islam Plus Masyithoh Kroya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa internalisasi pendidikan karakter di SD Islam Plus Masyithoh Kroya dilakukan melalui berbagai macam kegiatan meliputi internalisasi pendidikan karakter melalui kegiatan pembelajaran, internalisasi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler, dan internalisasi pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan di sekolah. Pelaksanaan internalisasi pendidikan karakter tersebut telah berjalan dengan baik dan sangat mengena ke dalam diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, SD Islam Plus Masyithoh Kroya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 13 Dec 2016 03:36
Last Modified: 13 Dec 2016 03:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1894

Actions (login required)

View Item View Item