EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL SERVICE UNTUK KEMUDAHAN LAYANAN NASABAH PERSPEKTIF KEUANGANSYARIAH (Studi Kasus Unit Pegadaian Cabang Ajibarang Banyumas)

Septi, Dzikri (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL SERVICE UNTUK KEMUDAHAN LAYANAN NASABAH PERSPEKTIF KEUANGANSYARIAH (Studi Kasus Unit Pegadaian Cabang Ajibarang Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Septi Hikmah Laela Dzikri_EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL SERVICE UNTUK KEMUDAHAN LAYANAN NASABAH PERSPEKTIF KEUANGANSYARIAH (Studi Kasus Unit Pegadaian Cabang Ajibarang Banyumas).pdf

Download (61MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi juga dapat membantu manusia dalam menjalankan aktivitasnya, karena segala kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, murah, dan tepat, karena memberikan pelayanan yang cepat kepada masyarakat juga meningkatkan kinerja lembaga Pegadaian. Pegadaian mengembangkan layanan digital, harapannya nasabah dapat menerima berbagai layanan hanya dengan menginstal aplikasi Pegadaian di ponsel cerdas para nasabah. Aplikasi PDS (Pegadaian Digital Service) merupakan aplikasi terbaru PT. Pegadaian (Persero) dirilis pada tahun 2018. Aplikasi ini seperti mobile banking yang membantu layanan masyarakat atau nasabah pegadaian untuk melayani transaksi gadai dan non gadai. Tujuan peneitian ini adalah Mengetahui seperti apa efektivitas penggunaan Aplikasi PDS dalam mempermudah pelayanan terhadap Nasabah.mendeskripsikan bagaimana penggunaan aplikasi PDS di Unit Pegadaian Cabang Ajibarang dalam perspektif keuangan syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data yang didapatkan dari penelitian ini merupakan hasil data wawancara penulis dengan nasabah dan karyawan Pegadaian Ajibarang, selain itu data pendukung lainnya berupa hasil observasi yang dilakukan penulis dan dokumentasi yang didapatkan ketika proses penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan efektivitas produk dapat tersampaikan dengan cepat dan mudah melalui aplikasi Pegadaiain Digital Service (PDS), dapat meningkatkan pelayanan, komunikasi terhadap nasabah dan mengurangi biaya perusahaan. Meskipun begitu ditemukan juga beberapa kendala di antaranya adalah eror sistem dalam proses transaksi dan belum adanya fitur pembayaran langsung melalui aplikasi PDS sehingga nasabah harus membuka dua aplikasi sekaligus untuk melakukan proses pembayaran,kendala jaringan yang sering mengalami maintenance/lambat dalam beroperasi. Perspektif manajemen keuangan syariah dipegadaiain pada aplikasi PDS yaitu adanya Prinsip Bagi Hasil (sharing) Antara Bank dengan Pihak Pegadaian dan tidak adanya gharar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Penggunaan Aplikasi Pegadaian Digital Service Untuk Kemudahan Layanan Nasabah Perspektif Keuangan Syariah.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Septi Hikmah Laela Dzikri sdri
Date Deposited: 17 Apr 2023 05:42
Last Modified: 17 Apr 2023 05:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18934

Actions (login required)

View Item View Item