PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI SISTEM BOARDING SCHOOL DI SMA BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO

NUR FAUZIYAH, 1123301095 (2015) PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI SISTEM BOARDING SCHOOL DI SMA BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
NUR FAUZIYAH_PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI SISTEM BOARDING SCHOOL DI SMA BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembentukan karakter merupakan hal yang penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan, karena tanpa karakter seseorang akan dengan mudah melakukan sesuatu apapun yang dapat menyakiti dan menyengsarakan orang lain. Sekolah sebagai bagian dari lingkungan memiliki peran yang sangat penting, oleh karena itu sekolah harus melakukan upaya untuk membentuk karakter peserta didik. Salah satu upaya pembentukan karakter yang saat ini banyak dilakukan oleh sekolah-sekolah adalah dengan menciptakan sistem boarding school. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembentukan karakter peserta didik melalui sistem boarding school di SMA Boarding School Putra Harapan Purwokerto. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan pola berfikir induktif. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMA Boarding School Putra Harapan Purwokerto. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pengasuh asrama, dan siswa yang tinggal di asrama. Sedangkan objek penelitiannya pembentukan karakter peserta didik melalui sistem boarding school di SMA Boarding School Putra Harapan Purwokerto. Dari hasil analisis yang dilakukan penulis, bahwa pelaksanaan pembentukan karakter peserta didik melalui sistem boarding school di SMA Boarding School Purwokerto meliputi: pembentukan karakter peserta didik melalui sistem boarding school di SMA Boarding School Purwokerto diintegrasikan dengan budaya asrama, menggunakan metode pembentukan karakter, dan pemberian materi pendidikan karakter di asrama. Pengintegrasian melalui budaya asrama dikendalikan melalui kegiatan-kegiatan di asrama yang mengarah pada terwujudnya nilai-nilai karakter. Kemudian metode yang digunakan dalam melaksakan pembentukan karakter adalah metode pengasuhan, metode pemberian nasihat, metode keteladanan, metode pembiasaan, metode peraturan dan sanksi. Sedangkan materi pendidikan karakter yang diajarkan diantaranya materi iman dan taqwa, kepedulian, kedisiplinan, kemandirian, tanggung jawab, keberanian, sikap penampilan dan lain-lain. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembentukan karakter peserta didik melalui sistem boarding school di SMA Boarding School Purwokerto sudah berjalan cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Karakter, Sistem Boarding School, SMA Boarding School Putra Harapan Purwokerto
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 13 Dec 2016 03:31
Last Modified: 13 Dec 2016 03:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1893

Actions (login required)

View Item View Item