Pengaruh Self Concept Siswa terhadap Kemampuan Analisis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII di SMP Ma’arif NU 3 Purwokerto

Umi, Maghfiroh (2023) Pengaruh Self Concept Siswa terhadap Kemampuan Analisis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII di SMP Ma’arif NU 3 Purwokerto. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP_UMI MAGHFIROH_161740746.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Self concept penting untuk dimiliki siswa dalam belajar matematika. self concept ini dapat memotivasi siswa untuk maksimal dalam belajar sehingga menjadikan siswa bersungguh-sungguh dalam belajar dan dapat menerima dan memahami materi pelajaran di sekolah. Pengaruh lain dari self concept diduga dapat meningkatkan kemampuan analisis. Karena dengan self concept, siswa menunjukkan penilaian positif mengenai kemampuannya untuk mencapai prestasi. Siswa memiliki kesungguhan atau keseriusan, ketertarikan dalam belajar dan melakukan kegiatan matematika, serta memecahkan soal-soal matematika dengan baik. Dengan self concept yang terbentuk dalam diri siswa, mulai terlatih terbentuknya kemampuan analisis siswa. Dengan self concept, siswa berusaha mengeluarkan seluruh kemampuan yang dimilikinya dalam belajar sehingga proses belajar siswa menjadi lebih maksimal karena siswa belajar dengan kemauan dan kemampuan yang dimilikinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self concept terhadap kemampuan analisis siswa dalam pembelajaran matematika kelas VIII di SMP Ma’arif NU 3 Purwokerto. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Ma’arif NU 3 Purwokerto. yang berjumlah 114 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 55 siswa yang ditentukan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen angket dan instrumen tes. Instrumen angket digunakan untuk mengukur variabel self concept siswa dan instrumen tes digunakan untuk mengukur variabel kemampuan analisis siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel self concept terhadap variabel kemampuan analisis siswa kelas VIII SMP Ma’arif NU 3 Purwokerto. Hal ini dapat dilihat pada koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,176 yang berarti pengaruh self concept terhadap kemampuan komunikasi siswa sebesar 17,6%. Adapun persamaan regresi linear sederhana yang terbentuk yaitu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Self Concept, Kemampuan Analisis, Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Sdri Umi Maghfiroh
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:42
Last Modified: 17 Apr 2023 02:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18900

Actions (login required)

View Item View Item