ANALISIS BUKU TEKS MATEMATIKA KURIKULUM MERDEKA PENERBIT KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNTUK SMP KELAS VII POKOK BAHASAN BANGUN DATAR BERDASARKAN KRITERIA BELL

Neni, Winingsih (2023) ANALISIS BUKU TEKS MATEMATIKA KURIKULUM MERDEKA PENERBIT KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNTUK SMP KELAS VII POKOK BAHASAN BANGUN DATAR BERDASARKAN KRITERIA BELL. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Neni Winingsih_Analisis Buku Teks Matematika Kurikulum Merdeka Penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk SMP Kelas VII Pokok Bahasan Bangun Datar Berdasarkan Kriteria Bell.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kesesuaian buku teks Matematika Kurikulum Merdeka Penerbit Kemendikbud untuk SMP Kelas VII pokok bahasan Bangun Datar ditinjau dari aspek kelayakan materi, metode penyampaian materi, karakteristik fisik, dan petunjuk untuk guru berdasarkan kriteria Bell. Jenis yang digunakan penelitian ini ialah penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar penilaian buku teks berdasarkan kriteria Bell dengan memperhatikan aspek kelayakan materi, metode penyampaian materi, karakteristik fisik, dan petunjuk untuk guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian buku teks berdasarkan kriteria Bell yang berhubungan dengan materi matematika dari 21 indikator terdapat 10 indikator sesuai yaitu indikator 1, 2, 4, 7, 8, 9, 10, 13, 14, dan 21, sedangkan 11 indikator tidak sesuai yaitu indikator 3, 5, 6, 11, 12, 15, 16, 17, 18, 19, dan 20; yang berhubungan dengan metode penyampaian materi dari 21 indikator terdapat 15 indikator sesuai yaitu indikator 1, 2, 3, 5, 6, 7, 9, 10, 11, 15, 16, 17, 18, 20, dan 21, sedangkan 6 indikator tidak sesuai yaitu indikator 4, 8, 12, 13, 14, dan 19; yang berhubungan dengan karakteristik fisik dari 11 indikator terdapat 10 indikator sesuai yaitu indikator 1, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, dan 11 sedangkan satu indikator tidak sesuai yaitu indikator 2; yang berhubungan dengan petunjuk untuk guru dari 19 indikator terdapat 11 indikator sesuai yaitu indikator 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 11, 12, 16, dan 19 sedangkan 8 indikator tidak sesuai yaitu indikator 1, 2, 10, 13, 14, 15, 17, dan 18. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa buku teks Matematika Kurikulum Merdeka Penerbit Kemendikbud untuk SMP Kelas VII telah memenuhi aspek kelayakan materi, metode penyampaian materi, karakteristik fisik, dan petunjuk untuk guru berdasarkan kriteria Bell.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Buku Teks, Kriteria Bell, Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Neni Winingsih sdri
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:37
Last Modified: 17 Apr 2023 02:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18895

Actions (login required)

View Item View Item