PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SDN 1 DARMAKRADENAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

YOFITA ASTRIANINGSIH, 102333010 (2015) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SDN 1 DARMAKRADENAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
YOFITA ASTRIANINGSIH_PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SDN 1 DARMAKRADENAN AJIBARANG BMS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan kinerja akan tampak apabila terdapat motivasi kepala sekolah. Kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi yang sangat berpengaruh dan menentukan kemajuan sekolah harus memiliki kemampuan administrasi, memiliki komitmen tinggi, dan luwes dalam melaksanakan tugasnya. Kepemimpinan kepala sekolah yang baik harus dapat mengupayakan peningkatan kinerja guru melalui program pembinaan kemampuan tenaga kependidikan, kepala sekolah juga harus dapat mendorong kinerja para guru dengan menunjukan rasa bersahabat, dekat dan penuh pertimbangan terhadap para guru. Oleh karena itu kepala sekolah harus mempunyai kepribadian atau sifat-sifat dan kemampuan serta ketrampilan-ketrampilan untuk memimpin sebuah lembaga pendidikan. Dalam perannya sebagai seorang pemimpin, kepala sekolah harus dapat memperhatikan kebutuhan dan perasaan para guru yang bekerja sehingga kinerja guru selalu terjaga. Oleh karena itu selain gurunya sendiri yang berusaha meningkatkan kualitas kinerjanya, pihak sekolah juga berusaha mengupayakan pemberdayaan guru agar memiliki kinerja yang baik, dan profesional dalam menjalankan tugasnya. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang dalam mengumpulkan datanya dilakukan secara langsung dari lokasi penelitian. Pendekatan penelitian yang penulis lakukan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDN 1 Darmakradenan Kec. Ajibarang Kab. Banyumas. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Tempat penelitian dilakukan di SDN 1 Darmakradenan. Adapun metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah pola berfikir Milles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru yaitu Kepala sekolah sebagai manajer yaitu membuat indikator keberhasilan, memberdayakan manajemen dan guru dan pemberian penghargaan/Rewards, kepala sekolah sebagai motivator melalui pemberian motivasi dan pembinaan disiplin tenaga kependidikan, kepala sekolah sebagai educator (pendidik) yaitu membuat target yang disepakati, melakukan sosialisasi target dan melengkapi fasilitas guru. Peran tersebut berpengaruh dalam peningkatan kinerja guru, walaupun belum maksimal dan masih perlu untuk dievaluasi dan kepala sekolah perlu terus meningkatkan kinerja guru demi majunya mutu pendidikian sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peran kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 13 Dec 2016 03:06
Last Modified: 13 Dec 2016 03:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1889

Actions (login required)

View Item View Item