PENGEMBANGAN JIWA KEPEMIMPINAN BAGI SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN AL HIKMAH 2 BENDA SIRAMPOG BREBES

Devi, Nur Wijayanti (2023) PENGEMBANGAN JIWA KEPEMIMPINAN BAGI SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN AL HIKMAH 2 BENDA SIRAMPOG BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Devi Nur Wijayanti Pengembangan Jiwa Kepemimpinan Bagi Santriwati di Pondok Pesantren Al Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Setiap pesantren memiliki ciri khasnya sendiri dalam sistem pendidikan yang diterapkan bagi para santrinya. Berdasarkan dari itu Pondok Pesantren Al Hikmah 2 mengadakan program yang bertujuan untuk mengajak santriwati dalam mendalami ilmu serta mengimplementasikan kepada masyarakat secara luas, maka diadakanlah sebuah program yang mampu menjadi wadah untuk mewujudkan harapan Pondok Pesantren Al Hikmah 2, program tersebut dinamakan BSK (Bakti Sosial Keagamaan) yang mana dalam program tersebut mengajarkan para santriwati tentang bagaimana mengembangkan jiwa kepemimpinan mereka dalam bermasyarakat. Manfaat dan arah penelitian ini yakni penggalian tentang pengembangan jiwa kepemimpinan bagi santriwati di Pondok Pesantren Al Hikmah 2. Adapun subjek penelitian adalah pengasuh dan santriwati. Objek penelitiannya adalah pengembangan jiwa kepemimpinan bagi santriwati. Metode pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan Reduksi data, atau memilih hal-hal yang paling penting dan berkonsentrasi pada hal itu, adalah metode analisis data. Selanjutnya, data disajikan dalam format naratif dan dicari tema dan pola yang sesuai lalu terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan Jiwa Kepemimpinan Bagi Santriwati di Pondok Pesantren Al Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes dilakukan melalui kegiatan BSK (Bakti Sosial Keagamaan), dengan perencanaan, pembagian job desk, pelaksanaan dan evaluasi. Pengelolaannya dipimpin oleh Ketua BSK, bersama koordinator BSK yang dilaksanakan bersama masyarakat sudah berjalan dengan optimal yakni mulaiadari perencanaan,gpelaksanaanz sudah dilaksanakan sesuairdengan arahan dalam program kerja. Kendala yang dihadapi sudah diatasi semaksimal mungkin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, santriwati, Pondok Pesantren
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 376 Education of women
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Devi Nur Wijayanti
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:11
Last Modified: 17 Apr 2023 02:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18878

Actions (login required)

View Item View Item