IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN BAGI ANAK USIA DINI DI TPQ AL-FALAH BOBOSAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS

SITI, NASROH (2023) IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN BAGI ANAK USIA DINI DI TPQ AL-FALAH BOBOSAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Siti Nasroh_Implementasi Metode Drill Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Bagi AUD di TPQ Al-Falah Bobosan Kec Purwokerto Utara .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu metode yang dapat diimplementasikan di TPQ adalah metode drill. Metode drill menjadi metode yang dapat mengkondisikan peserta didik untuk memdapatkan ketrampilan tertentu daripada apa yang telah dipelajari sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi metode drill dalam pembelajaran Al-Qur'an bagi anak usia dini di TPQ Al -Falah Bobosan Kecamatan Purwokerto Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil tempat penelitian di TPQ Al-Falah Bobosan Kecamatan Purwokerto Utara. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pengajaran yang dilakukan oleh ustadz/ustadzah yakni terlebih dahulu mempersiapkan kurikulum dan evaluasi pengajaran agar berjalan dengan baik. Selain persiapan itu para ustadz/ustadzah yang hendak mengajar di TPQ Al-Falah harus mendapatkan syahadah terlebih dahulu dan dengan mengulang (deres) tiap selesai kegiatan serta menyediakan media yang akan digunakan, dalam penerapan metode drill ini pada setiap jilidnya terdapat materi pelajaran dan cara mengajarnya, selain itu juga terdapat pokok pelajaran di setiap jilidnya dilengkapi dengan materi tambahan bagi setiap jilidnya, menggunakan strategi klasikal dan individual. Kemudian mengenai pelaksanaan pengajaran Metode Drill di TPQ Al-Falah yang trjadi di lapangan berjalan dengan baik, hal ini terbukti dalam kurun waktu yang cukup singkat siswa mampu membaca secara LCTB dan menulis Al-Qur'an sesuai kaidah tajwid. Selanjutnya mengenai evaluasi pengajaran yang dilakukan ustadz/ustadzah di TPQ Al-Falah telah sesuai dengan teori maupun tujuan evaluasi pengajaran. Kata kunci : implementasi, metode drill, pembelajaran Al-Qur'an, Anak Usia Dini, TPQ

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi,metode drill, pembelajaran Al-Qur'an, Anak usia Dini, TPQ
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: SITI NASROH sdri
Date Deposited: 15 Apr 2023 02:26
Last Modified: 15 Apr 2023 02:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18867

Actions (login required)

View Item View Item