KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KELUARGA PERSPEKTIF MOHAMMAD FAUZIL ADHIM

Rahma, Sivatur Rizma (2023) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KELUARGA PERSPEKTIF MOHAMMAD FAUZIL ADHIM. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RAHMA SIVATUR RIZMA_KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KELUARGA PERSPEKTIF MOHAMMAD FAUZIL ADHIM.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pendidikan yang utama pada hakikatnya bermula dari keluarga yang dilaksanakan dari orang tua kepada anak sejak di dalam kandungan. Anak pada dasarnya membawa potensi fitrah namun tidak semua keluarga mampu menjaga fitrahnya agar tidak melenceng. Fenomena yang terjadi seringkali orang tua merasa cukup untuk meyekolahkan anak di sekolah formal, padahal terkadang sekolah sifatnya cenderung mekanis dan terpaku pada penguasaan intelektual dan prestasi. Hakikatnya, pendidikan bertujuan tidak hanya mentransfer pengetahuan tetapi mampu mengembangkan aspek kepribadian dan karakter. Namun, terdapat permasalahan bahwa tidak semua keluarga mengerti tentang bagaimana menerapkan pendidikan kepada anaknya di lingkungan keluarganya sendiri sehingga memicu adanya penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh anak. Penyimpangan atau adanya sikap anak yang tidak sesuai tuntunan dapat terjadi akibat rusaknya jiwa. Jiwa yang tidak terpelihara dengan baik akan berdampak pada rusaknya nilai moralitas suatu bangsa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeksripsikan dan menganalisis konsep pendidikan karakter dalam keluarga yang dirangkai atas dasar pemikiran tokoh Mohammad Fauzil Adhim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian kepustakaan (library research), dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi serta teknik analisis menggunakan pendekatan in depth analysis, yakni menganalisis suatu data atau informasi secara mendalam agar dapat menemukan suatu konsep. Berdasarkan hasil kajian penelitian, dinyatakan bahwa pendidikan karakter dalam keluarga perspektif Mohammad Fauzil Adhim menawarkan suatu formula untuk mendidik dan mengoptimalkan kepribadian anak dengan menyesuaikan tahapan perkembangan anak. Tujuan dari pendidikan karakter dalam keluarga menurut Mohammad Fauzil Adhim yakni mengantarkan anak mencapai taraf keimanan, memiliki akhlakul karimah dalam mengemban peran sebagai khalifatul fil ‘ardh. Dengan demikian orang tua bekewajiban untuk menanamkan nilai-nilai karakter yang baik. Adapun nilai-nilai karakter yang ditanmkan dalam keluarga: ketauhidan, adab, tanggung jawab diri, kepedulian, kemandirian, dan percaya diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pendidikan dalam Keluarga, Pendidikan Karakter dalam Keluarga, Mohammad Fauzil Adhim.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahma Sivatur Rizma sdri
Date Deposited: 15 Apr 2023 02:19
Last Modified: 15 Apr 2023 02:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18863

Actions (login required)

View Item View Item