BIMBINGAN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TUNARUNGU DI SLB MUTIARA HATI KECAMATAN BUMIAYU

Rini, Mulyanah (2023) BIMBINGAN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TUNARUNGU DI SLB MUTIARA HATI KECAMATAN BUMIAYU. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rini Mulyanah_Bimbingan Sosial Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Tunarungu Di SLB Mutiara Hati Kecamatan Bumiayu.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Memiliki keterbatasan dalam pendengaran dan permasalahan dalam berkomunikasi, membuat rasa percaya diri siswa tunarungu menurun. Siswa tunarungu yang tidak hanya berkomunikasi dengan orang normal, tetapi juga dengan Anak Berkebutuhan Khusus lainnya. Sehingga mereka sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah. Oleh karena itu, SLB Mutiara Hati Bumiayu memberikan bimbingan sosial kepada siswa tunarungu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bimbingan sosial dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa tunarungu di SLB Mutiara Hati Kecamatan Bumiayu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini ada tujuh yang terdiri dari kepala sekolah, guru pembimbing, dan siswa tunarungu SMP LB Mutiara Hati Kecamatan Bumiayu. Hasil penelitian yang diperoleh adalah setelah mendapatkan bimbingan sosial, kepercayaan diri siswa tunarungu bertambah. Mereka semakin aktif, tidak menarik diri dan mampu beradaptasi dengan baik di dalam maupun di luar kelas. Semakin sering bimbingan yang diberikan secara terus-menerus, siswa tunarungu dapat berkembang lebih baik lagi dan dapat memperoleh hasil bimbingan yang maksimal. Kata kunci : Bimbingan Sosial, Kepercayaan Diri, Siswa Tunarungu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Sosial, Kepercayaan Diri, Siswa Tunarungu
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology > 155.4 Child Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology > 158.3 Counseling and Interviewing
300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 303 Social processes
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
700 The arts > 707 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rini Mulyanah
Date Deposited: 15 Apr 2023 02:08
Last Modified: 15 Apr 2023 02:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18852

Actions (login required)

View Item View Item