UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MATERI TARKIB DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS

Siama, Farkha Insani (2023) UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MATERI TARKIB DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Syaifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SIAMA FARKHA INSAN_UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MATERI TARKIB DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memaparkan upaya guru meningkatkan kemampuan siswa materi tarkib dalam pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan guru bahasa Arab di MI Darul Hikmah Bantarsoka. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan siswa materi tarkib dalam pembelajaran bahasa Arab bagi guru bahasa Arab dan peneliti. Materi tarkib merupakan materi yang menyempurnakan kaidah-kaidah dalam kalimat, materi tarkib di pembelajaran kelas V selalu ada pada setiap pembahasan. Upaya yang dilakukan guru bahasa Arab dalam meningkatkan kemampuan siswa materi tarkib dapat dilihat melalui proses pembelajaran di kelas salah satunya dengan bernyanyi yang digunakan untuk menghafalkan mufrodat dengan cara bernyanyi. Karena menghafalkan mufrodat salah satu upaya penting untuk mengetahui arti dari materi tarkib. Upaya lain yang dilakukan guru adalah tanya jawab langsung kepada peserta didik dan dapat menggunakan tutor sebaya dan pendekatan penjelasan langsung. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field reserch). Adapaun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V dan guru bahasa Arab MI Darul Hikmah Bantarsoka. Dalam penelitian ini peneliti memperoleh hasil dari wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan langsung. Wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru bahasa Arab, peserta didik yaitu untuk memperoleh hasil penelitian dan melengkapi data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran bahasa Arab guru mengawali pembelajaran dengan mengulas materi sebelumnya, dalam menyampaikan materi tarkib guru bahasa Arab kelas V MI Darul Hikmah Bantarsoka guru menguraikan pengertian-pengertian terlebih dahulu agar peserta didik paham dan mengingat materi kemudian guru memberikan contoh-contohnya. Dengan demikian cara tersebut efektif untuk meningkatkan kemampuyan siswa pada materi tarkib. Dalam langkah evaluasi guru juga tidak hanya memberikan contoh di papan tulis akan tetapi menggunakan soal -soal essay dan pilihan ganda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Materi Tarkib, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sdri Siama Farkha Insani
Date Deposited: 15 Apr 2023 02:07
Last Modified: 15 Apr 2023 02:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18851

Actions (login required)

View Item View Item