STRATEGI GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MUFRODAT MELALUI METODE READING ALOUD (MEMBACA NYARING) KELAS VII DI MTS NURUL QUR’AN SALEBU MAJENANG CILACAP

SITI, NUR ELISA (2023) STRATEGI GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MUFRODAT MELALUI METODE READING ALOUD (MEMBACA NYARING) KELAS VII DI MTS NURUL QUR’AN SALEBU MAJENANG CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SITI NUR ELISA_STRATEGI GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MUFRODAT MELALUI METODE READING ALOUD (MEMBACA NYARING) KELAS VII DI MTS NURUL QURAN SALEBU MAJENANG CILACAP.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Di MTs Nurul Qur’an Majenang Cilacap masih banyak siswa yang mengalami kesulitan membaca tulisan Arab. Bahkan banyak siswa yang masih belum mengenal huruf Arab dengan benar karena banyak siswa yang beranggapan bahwa bahasa Arab itu sulit untuk dipelajari. Peran guru sebagai seorang pendidik menjadi sangat penting, berbagai upaya dilakukan oleh guru untuk mengubah paradigma tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi guru bahasa Arab dalam meningkatkan kemampuan membaca mufrodat melalui metode Reading Aloud (Membaca Nyaring) kelas VII di MTs Nurul Qur’an Salebu Majenang Cilacap. Metode penelitian ini ialah kualitatif, yang menjadi objek penelitian ini yaitu guru bahasa Arab MTs Nurul Quran Salebu Majenang Cilacap. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru bahasa Arab dalam meningkatkan kemampuan membaca mufrodat dengan metode Reading Aloud (membaca nyaring) yaitu dengan pemilihan teks Arab yang menarik, melafalkan teks Arab dengan nyaring, pemberian mufrodat baru dari teks Arab, memberikan perbaikan membaca teks Arab,melakukan diskusi makna dan isi teks Arab. Faktor pendukung guru dalam mengajar yaitu metode belajar yang menarik, waktu pelajaran yang fektif, faktor lingkungan. Hambatan gurudalam mengajar faktor lingkungan,, bahasa Arab dianggap sulit. Berdasarkan hasil Analisis data, dapat disimpulkan bahwa melalui metode Reading Aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca mufrodat di kelas VII MTs Nurul Qur’an Salebu Majenang Cilacap. Kata kunci: Strategi Guru, Kemampuan Membaca, Metode Reading Aloud

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kemampuan Membaca, Metode Reading Aloud
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sdri Siti Nur Elisa
Date Deposited: 15 Apr 2023 02:03
Last Modified: 15 Apr 2023 02:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18849

Actions (login required)

View Item View Item