Yolandha, Rakatiwi (2023) Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Komersialisasi Non Angkutan (KNA) Pada PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) Lima Purwokerto. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Yolandha Rakatiwi_Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Komersialisasi Non Angkutan KNA Pada PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasi Daop Lima Purwokerto.pdf Download (18MB) | Preview |
Abstract
Sejak kasus Covid-19 merebak di akhir tahun 2019 hingga sekarang, Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) Lima Purwokerto mengalami keterpurukan dari segi ekonomi. Angkutan Kereta Api tidak bisa beroperasi karena aturan-aturan pembatasan dan pergerakan masyarakat yang berlaku saat pandemi Covid-19. Banyak Kereta yang gagal beroperasi karena penurunan jumlah penumpang. Kereta Api Indonesia berusaha mengoptimalkan pendapatan dari segi non operasional seperti optimalisasi aset. Usaha dalam mengoptimalisasi aset Kereta Api Indonesia dilaksanakan oleh Komersialisasi Non Angkutan (KNA). Dengan karakter masyarakat yang berbeda di masing-masing wilayah, mengharuskan tim Komersialisasi Non Angkutan (KNA) memiliki strategi komunikasi pemasaran yang efektif. Mengingat sasaran calon konsumen atau debitur harus memahami tentang aset yang ditawarkan. Hasil penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana Strategi Komunikasi Pemasaran Komersialisasi Non Angkutan (KNA) PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) Lima Purwokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan proses strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh tim Komersialisasi Non Angkutan (KNA) meliputi strategi komersial yaitu iklan, proses tatap muka (personal selling), promosi aset Kereta Api, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Sedangkan Strategi Pemilihan media tim Komersialisasi Non Angkutan memanfaatkan media cetak seperti brosur dan surat pemberitahuan, media elektroniuk seperti telepon dan handphone, media outdoor seperti banner/spanduk, media internet seperti website resmi kereta api dan media sosial seperti whatsaap dan olx. Strategi segmentasi pasar yang dilakukan oleh unit Komersialisasi Non Angkutan (KNA) yaitu segmentasi demografis, geografis, perilaku, dan psikografis. Sedangkan dalam analisis SWOT, kekuatan Komersialisasi Non Angkutan (KNA) adalah memiliki data asset, data wilayah, dan data debitur yang akurat, memiliki tim yang solid serta tim mengerti dengan tugas pokok nya masing-masing. Kelemahan yang dihadapi adalah kekurangan personil untuk melakukan proses komunikasi pemasaran, dari data yang didapat ternyata ada data fiktif atau data sampah. Peluang yang didapatkan dari data sampah atau data fiktif itu di hapus dan menjadi kontrak baru untuk calon debitur baru. Kemudian ruang kosong yang ada di stasiun bisa dimanfaatkan untuk disewakan. Ancaman yang dihadapai oleh tim Komersialisasi Non Angkutan (KNA) dalam proses komunikasi pemasaran adalah beberapa Paguyuban yang memprovokasi debitur untuk menolak harga sewa yang sudah ditetapkan. Faktor lainnya berupa bencana alam seperti tanah longsor, hujan, banjir dan lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Strategi, komunikasi pemasaran, Komersialisasi Non Angkutan (KNA) |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 385 Railroad transportation 400 Language > 406 Organizations and management 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 652 Processes of written communication 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing |
Divisions: | Pascasarjana > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Yolandha Rakatiwi sdri |
Date Deposited: | 15 Apr 2023 02:02 |
Last Modified: | 15 Apr 2023 02:02 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18848 |
Actions (login required)
View Item |