PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JATILAWANG

Siti, Nurjannah (2023) PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JATILAWANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Siti Nurjannah_Pengaruh Pemanfaatan Internet terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jatilawang.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar merupakan kecenderungan siswa untuk belajar yang dipicu oleh hasrat untuk meraih hasil/prestasi belajar semaksimal mungkin, selain itu dinilai sebagai dorongan mental yang mengarahkan serta menggerakkan tingkah laku manusia, termasuk tingkah laku belajar. Salah satu faktor untuk menunjang pembelajaran adalah media belajar, yang dalam hal ini dapat diakses secara luas melalui pemanfaatan internet bilamana dilakukan dengan tepat. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh pemanfaatan internet terhadap motivasi belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Jatilawang. Penelitian kuantitatif dengan metode survei ini melibatkan 11 kelas dan kelas X sebagai populasi penelitian. Adapun 36 siswa kelas X-A terpilih menjadi sampel penelitian setelah dilakukan simple random sampling. Data yang didapatkan melalui penyebaran kuesioner dan wawancara, yang mana data tersebut kemudian dianalisis menggunakan teknik regresi linear sederhana. Temuan hasil penelitian ini menemukan bahwasanya pemanfaatan internet siswa SMA Negeri 1 Jatilawang di kategori sedang karena 80,56% atau 29 siswa memanfaatkan internet dengan rata-rata 66,44. Sedangkan motivasi belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Jatilawang di rata-rata 79,39,dimana hal ini tergolong sedang karena 66,67 atau 24 siswa yang mempunyai motivasi belajar matematika dan hasil uji hipotesis diperoleh sig. 0,083 > 0,05, dimana hasil ini diperkuat dari temuan model summary, yang diperoleh R Square 0,086, yang berarti 0,086 x 100% = 8,6% pengaruh internetnya. sehingga bisa diketahui bahwa pemanfaatan internet hanya berkontribusi 8,6% terhadap motivasi belajar matematika siswa, adapun 91,4% siswanya merupakan kontribusi faktor lainnya.sebab itulah peneliti berkesimpulan bahwasanya H_1 ditolak dan H_0 diterima yang berarti tidak ada pengaruh dari pemanfaatan internet terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas x SMA Negeri 1 Jatilawang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Internet, Motivasi, Matematika
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Nurjannah sdri
Date Deposited: 14 Apr 2023 06:41
Last Modified: 14 Apr 2023 06:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18811

Actions (login required)

View Item View Item