ISRO ATIN NUR KHOLIFAH, 102338008 (2015) PENERAPAN METODE DRILL PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI MA’ARIF NU KEDUNGWULUH LOR KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN.
Text
ISRO ATIN NUR KHOLIFAH_PENERAPAN METODE DRILL PADA MAPEL AL – QUR’AN HADITS DI MI MA’ARIF NU KEDUNGWULUH LOR PATIKRAJA BMS TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dalam dunia pendidikan, metode pembelajaran merupakan suatu faktor yang tidak boleh diabaikan, karena penggunaan metode akan mempengaruhi tercapainya suatu tujuan pembelajaran. Dalam memilih metode pembelajaran harus memperhatikan faktor-faktor yang memperngaruhi metode pembelajaran, artinya dalam menentukan metode pembelajaran itu tepat, maka tujuan pembelajaran akan tercapai dengan baik. Salah satu metode yang digunakan pada pembelajaran Al- Qur’an Hadits di MI Ma’arif Kedungwuluh Lor adalah metode drill. Metode drill mengandung arti latihan, pada umumnya metode drill ini digunakan untuk memperoleh suatu ketangkasan, ketepatan, kesempatan dan keterampilan dari apa yang dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode drill pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Ma’arif NU Kedungwuluh Lor.Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik pengumpulan data, berupa observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Analisis datanya disajikan dalam bentuk analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan terhadap Penerapan Metode drill pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Ma’arif NU Kedungwuluh Lor Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas bahwa metode drill yang digunakan sudah disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan karena tidak semua metode pembelajaran sama dengan materi yang berbeda. Pembelajaran menggunakan metode drill ini dimulai dengan guru mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), materi pembelajaran. Pelaksanaanya guru memberikan contoh terlebih dahulu kemudian peserta didik menirukannya secara berulang-ulang. Antusias peserta didik yang tinggi proses pembelajaran menggunakan metode drill ini memperoleh hasil yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Metode Drill, Pembelajaran Al-Qur,an Hadits, MI Ma’arif Kedungwuluh Lor |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 09 Dec 2016 09:29 |
Last Modified: | 09 Dec 2016 09:29 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1881 |
Actions (login required)
View Item |