UPAYA PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK USIA DINI DI RA QUANTUM WIDARAPAYUNG CILACAP

ROHATI, DAROINI (2023) UPAYA PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK USIA DINI DI RA QUANTUM WIDARAPAYUNG CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ROHATI DAROINI_UPAYA PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK USIA DINI DI RA QUANTUM WIDARAPAYUNG CILACAP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Kecerdasan linguistik merupakan kemampuan untuk menggunakan bahasa baik lisan maupun tulisan secara tepat maupun akurat. Menggunakan kata merupakan cara utama untuk berfikir dan menyelesaikan masalah bagi orang yang memiliki kecerdasan ini. Kecerdasan linguistik berkaitan dengan kemampuan bahasa dan dalam hal penggunaannya. Bentuk kecerdasan ini dinamakan kepekaan akan makna dan urutan kata serta kemampuan membuat beragam penggunaan bahasa untuk menyatakan dan memaknai arti yang kompleks. Percakapan spontan, dongeng, humor dan kelakaan adalah kemampuan alamiah yang berkaitan dengan kecerdasan bahasa. anak usia dini merupakan anak yang berada pada rentang usia 0-6 tahun. Pada masa tersebut proses pertumbuhan dan perkembangan berbagai aspek dalam rentang kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya pendidik dalam mengembangkan kecerdasan linguistik anak usia dini di RA Quantum Widarapayung Wetan Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan dekskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu, kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik tersebut digunakan untuk penulisan hasil penelitian dan mempermudah memahami deskriptif yang disajikan dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan upaya pendidik dalam mengembangkan kecerdasan linguistik anak usia dini di RA Quantum Widarapayung Wetan dengan menggunakan berbagai kegiatan meliputi kegiatan bercerita, bernyanyi, permainan tebak kata, dan menulis. Kegiatan bercerita, tebak kata, bernyanyi, dan menulis dilakukan pada saat pembelajaran. Dari kegiatan tersebut kecerdasan linguistik anak usia dini dilakukan secara berulang-ulang agar anak terampil dalam menulis dan lebih memahami huruf serta angka, dapat berkomunikasi dengan baik dan lancar dan bertambahnya kosa kata pada bahasa anak. Kata Kunci: Kecerdasan Linguistik, Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Linguistik, Anak Usia Dini
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Rohati Daroini
Date Deposited: 14 Apr 2023 06:37
Last Modified: 14 Apr 2023 06:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18808

Actions (login required)

View Item View Item