PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

WAKHYUNINGSIH, 1123302022 (2015) PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
WAKHYUNINGSIH_PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI MA’ARIF NAHDATUL ‘ULAMA 1 PAGERAJI CILONGOK BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (866kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kelas III di MI Ma‟arif NU 1 Pageraji, adalah kelas yang sudah menerapkan metode bernyanyi pada mata pelajaran bahasa Arab. kegiatan bernyanyi dilakukan setiap pelaksanaan pembelajaran dikelas, siswa antusias dan tidak merasa bosan pada saat pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang penerapan metode bernyanyi pada mata pelajaran bahasa Arab kelas III di MI Ma‟arif NU 1 Pageraji, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Rumusan masalah penelitian ini adalah “ Bagaimana Penerapan Metode Bernyanyi pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MI Ma‟arif NU 1 Pageraji ? ” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penerapan Metode Bernyanyi pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MI Ma‟arif NU 1 Pageraji, apakah sudah sudah sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan ataukah belum. Adapun manfaat yang dapat diambil adalah dari hasil penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan teori pengajaran, khususnya mengenai penerapan metode bernyanyi untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menambah wacana mengenai pembelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Objek dalam penelitian ini adalah metode bernyanyi pada mata pelajaran Bahasa Arab di MI Ma‟arif NU 1 Pageraji. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menggunakan analisis data menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, deskripsi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode bernyanyi pada mata pelajaran bahasa Arab berjalan dengan baik. Penerapannya sudah sesuai konsep dan cukup membantu siswa dalam memahami dan menangkap materi yang disampaikan oleh guru, dari awal pembelajaran menyanyikan lagu secara bersama-sama kemudian memahami materi dan menyesuaikannya dengan lagu. Kemudian siswa menirukan bernyanyi bersamasama secara kompak, suasana kelas aktif dan ramai namun tetap terkondisikan. Semua rangkaian penerapan metode bernyanyi tersebut sudah berjalan efektif terbukti dengan peserta didik lebih aktif termotivasi dan mereka tidak merasa jenuh dalam mengikuti proses pembelajarannya. Proses pembelajaran sudah sesuai RPP yang disusun oleh guru MI ma‟arif NU 1 Pageraji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bernyanyi, Bahasa Arab
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 09 Dec 2016 09:25
Last Modified: 09 Dec 2016 09:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1880

Actions (login required)

View Item View Item