ANALISIS STRATEGI MARKETING FUNDING DAN MARKETING LENDING MELALUI PROMOSI PERSONAL SELLING DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA KSPPS BMT BEN SEJAHTERA KROYA KABUPATEN CILACAP

Wiji, Rismawati (2023) ANALISIS STRATEGI MARKETING FUNDING DAN MARKETING LENDING MELALUI PROMOSI PERSONAL SELLING DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA KSPPS BMT BEN SEJAHTERA KROYA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
WIJI RISMAWATI_ANALISIS STRATEGI MARKETING FUNDING DAN MARKETING LENDING MELALUI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bentuk penerapan dari kegiatan promosi melalui bauran komunikasi pemasaran salah satunya yaitu personal selling. Salah satu lembaga keuangan syariah non bank yang menggunakan strategi personal selling ialah KSPPS BMT Ben Sejahtera Kroya. Dari data jumlah anggota tahun 2017-2021 untuk anggota funding mengalami peningkatan yang cukup pesat, akan tetapi sebaliknya untuk anggota lending mengalami penurunan setiap tahunnya. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi marketing funding dan marketing lending melalui promosi personal selling dalam upaya meningkatkan jumlah anggota KSPPS BMT Ben Sejahtera Kroya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dengan menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi personal selling yang digunakan oleh marketing yaitu: melakukan kunjungan secara langsung (door to door) atau dari rumah ke rumah, melakukan sosialisasi, menggunakan media sosial menggunakan brosur, bermitra usaha, dan juga dengan cara mencari calon anggota yang membutuhkan pembiayaan ke BMT. Jika dilihat dari tabel target dan realisasi jumlah anggota, untuk anggota funding mengalami peningkatan yang cukup baik dan pesat, namun untuk anggota lending mengalami penurunan. Kendala yang dialami marketing dalam mempromosikan produk BMT yaitu: salah satu BMT mengalami masalah sehingga mempengaruhi calon anggota untuk menabung, persaingan dengan koperasi atau BMT lain, dari segi margin atau jasa sudah banyak dari bank-bank konven, dan calon anggota yang ditawarkan pembiayaan atau pinjaman sudah mempunyai pinjaman atau pembiayaan ke lembaga keuangan yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Marketing Funding, Strategi Marketing Lending, Promosi Personal Selling.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
300 Social sciences > 302 Social interaction
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: WIJI RISMAWATI sdri
Date Deposited: 14 Apr 2023 05:55
Last Modified: 14 Apr 2023 05:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18789

Actions (login required)

View Item View Item