PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2018-2021.

Alfiatun, Khasanah (2023) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2018-2021. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ALFIATUN KHASANAH_PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2018-2021.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya standar baku di Indonesia terkait pengungkapan Islamic Social Reporting, sehingga pengungkapan pada setiap perbankan syariah menjadi tidak sama. Pengungkapan Islamic social reporting adalah standar pelaporan kinerja sosial perusahaan yang berbasis syariah berfungsi sebagai tolak ukur sebuah bank syariah agar lebih transparan dengan banyak faktor yang dapat mempengaruhi pengungkapan Islamic social reporting, dalam penelitian ini akan meneliti pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage terhadap pengungkapan Islamic social reporting. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu bank umum syariah. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 7 (tujuh) Bank Umum Syariah yang ada di Indonesia. Data yang digunakan merupakan data sekunder dengan metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan studi perpustakaan. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan islamic social reporting. Sedangkan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan islamic social reporting. Kemudian variabel ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting pada bank umum syariah di Indonesia tahun 2018-2021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR)
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Alfiatun Khasanah sdri
Date Deposited: 14 Apr 2023 05:51
Last Modified: 14 Apr 2023 05:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18786

Actions (login required)

View Item View Item