PEMBERIAN UANG UNTUK PERCEPATAN PENGGILINGAN DAGING BAGI KONSUMEN PERSPEKTIF RISYWAH (Studi Kasus Di Penggilingan Daging Revi Mandiri di Pasar Ajibarang Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas)

TRI, MA'ISYATUL MUSYAFI'AH (2023) PEMBERIAN UANG UNTUK PERCEPATAN PENGGILINGAN DAGING BAGI KONSUMEN PERSPEKTIF RISYWAH (Studi Kasus Di Penggilingan Daging Revi Mandiri di Pasar Ajibarang Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TRI MA'ISYATUL MUSYAFI'AH_PEMBERIAN UANG UNTUK PERCEPATAN PENGGILINGAN DAGING BAGI KONSUMEN PERSPEKTIF RISYWAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada Penggilingan Daging Revi Mandiri, konsumen yang memberikan uang kepada pihak karyawan agar kepemilikan dagingnya lebih didahulukan dari pada konsumen yang mengantri terlebih dahulu karena memiliki keadaan-keadaan tertentu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemberian uang yang dilakukan oleh konsumen kepada karyawan penggilingan daging dengan tujuan agar kepemilikan dagingnya dapat didahulukan daripada yang sudah mengantri terlebih dahulu perspektif hukum risywah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research). Pendekatan penelitian normatif-sosiologis. Dalam pengumpulan data dilakukan pengolahan data yang bersumber dari lapangan yaitu pemilik Penggilingan Daging Revi Mandiri, karyawan dan konsumen. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: kesulitan yang dialami oleh konsumen tidak sampai kepada darurat karena tidak memenuhi syarat-syarat keadaan darurat. Kesulitan yang mendorong konsumen melakukan perbuatan risywah merupakan suatu keadaan yang masuk ke dalam jenis Al-Masyaqqah al-mutawassit}ah (kesulitan yang pertengahan, tidak sangat berat juga sangat tidak ringan) yang dialami oleh konsumen hanya sampai pada tingkatan masyaqqah yang lebih besar mendekati ringan dan hal ini tidak dapat diberikan keringanan. Faktor yang menyebabkan konsumen melakukan risywah yaitu lemahnya iman, tidak merasa diawasi oleh Allah, serakah, malas berusaha, kurang kepedulian, hilang sufat jujur dan amanat dan penegakan hukum yang lemah. Kata kunci: masyaqqah, darurat, risywah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: masyaqqah, darurat, risywah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.28 Perbandingan Hukum Bidang Muamalat dan Hukum Lain
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Tri Ma'isyatul Musyafi'ah sdri
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:48
Last Modified: 13 Apr 2023 02:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18729

Actions (login required)

View Item View Item