PENGARUH DISKON, CASHBACK, DAN PROMO GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Purwokerto)

Faza Sarifatun, Nisa (2023) PENGARUH DISKON, CASHBACK, DAN PROMO GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FAZA SARIFATUN NISA_PENGARUH DISKON, CASHBACK, DAN PROMO GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Purwokerto).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Internet sudah merubah perilaku konsumen yang awalnya berbelanja secara langsung ke toko menjadi berbelanja online dalam memenuhi kebutuhannya. Salah satu marketplace yang digunakan untuk berbelanja online adalah Shopee. Dikalangan mahasiswa khususnya di kota Purwokerto Shopee menjadi marketplace yang paling diminati untuk berbelanja secara online. Beberapa alasan yang membuat konsumen melakukan keputusan pembelian secara online pada marketplace Shopee, diantaranya adalah mudah dan praktis digunakan dikalangan mahasiswa, banyak diskon yang diberikan Shopee, dan banyak fitur menarik yang lebih interaktif. Variabel yang diambil peneliti adalah diskon, cashback, dan promo gratis ongkos kirim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diskon, cashback, dan promo gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan pada marketplace shopee studi kasus pada mahasiswa di Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan populasi mahasiswa di Purwokerto. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan cara cluster sampling. Analisis data menggunakan korelasi Rank Spearman, Konkordansi Kendall’s W dan Regresi Ordinal. Hasil uji Rank Spearman menunjukan variabel diskon, cashback, dan promo gratis ongkos kirim berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Pada uji konkordansi Kendall’s W menunjukan korelasi yang kuat dan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil analisis regresi ordinal pada model Parameter Estimates menunjukan secara parsial dan simultan variabel diskon, cashback, dan promo gratis ongkos kirim berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee studi kasus pada mahasiswa di Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Diskon, Cashback, Gratis Ongkos Kirim, dan Keputusan Pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Faza Sarifatun Nisa
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:36
Last Modified: 13 Apr 2023 02:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18713

Actions (login required)

View Item View Item