PENDIDIKAN ROHANI DALAM KEGIATAN DZIKIR THORIQOH QODIRIYAH WA NAQSYABANDIYAH DI DESA GEMURUH KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA

Nailurrobikh, Nailurrobikh (2023) PENDIDIKAN ROHANI DALAM KEGIATAN DZIKIR THORIQOH QODIRIYAH WA NAQSYABANDIYAH DI DESA GEMURUH KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NAILURROBIKH_PENDIDIKAN ROHANI DALAM KEGIATAN DZIKIR THORIQOH QODIRIYAH WA NAQSYABANDIYAH DI DESA GEMURUH KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Rohani sangat berperan penting dalam penataan jiwa dari berbagai penyakit yang dapat mengotori bahkan merusaknya. Sehingga timbul banyak kebutuhan untuk menjawab hal tersebut. Selain itu banyak masyarakat yang haus akan kayfiyat yang berbeda agar tercapai hasil yang maksimal. Mengenai hal tersebut ada hal yang menarik untuk diteliti, yaitu adanya kegiatan dzikir Thoriqoh Qodiriyah Wa Naqsyabandiyah (TQN) yang berlokasi di Desa Gemuruh Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga. Dimana dalam kegiatan dzikir tersebut , peneliti mendengar bahwa banyak masyarakat yang merasa tenang karena banyak problematika kehidupan yang terjawab setelah mengikutinya. Itulah yang membuat peneliti merasa penasaran dan tertarik untuk meneliti. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pandangan dzikir TQN tentang pendidikan rohani tersebut. Selain itu untuk mengetahui proses pendidikan rohani dan juga dampak dari dzikir TQN tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana rangkaian Pendidikan Rohani dalam kegiatan dzikir Thoriqoh Qodiriyah Wa Naqsyabandiyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) menggunakan metode kualitatif deskriptif. Artinya, penelitian ini berupaya mendalami dan menelusuri data, kemudian data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif (kata-kata). Penelitian ini juga menggunakan pendekatan fenomenologi, artinya peneliti mengeksplorasi bagaimana orang melakukan suatu pengalaman beserta makna pengalaman bagi peneliti itu sendiri. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kegiatan dzikir TQN mengandung Pendidikan Rohani. Pendidikam Rohani tersebut berisi kegiatan Pembaiatan, Dzikir Thoriqoh Qodiriyah Wa Naqsyabandiyah baik secara berjamaah (Khotaman TQN) maupun secara individu, Sholat Sunah Li Jibril Fawaidh, Pembacaan Ayat suci Al-Qur’an, Pembacaan Manakib Syekh Abdul Qodir Al-Jailani, lalu ditutup dengan syukuran bersama. Hal itu dilihat dari dampak yang dihasilkan, seperti mendatangkan ketenteraman hati, menjadi lebih mengingat Allah SWT, mendatangkan dan melancarkan rezeki, memberikan rasa kelapangan, menjadi istiqomah dalam beribadah dan bekerja. Kata Kunci : Pendidikan Rohani, TQN, Tarekat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pendidikan Rohani, TQN, Tarekat
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.3 Tarekat > 2x5.31 Qadiriyah
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.3 Tarekat > 2x5.32 Naqsyabandiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NAILURROBI NAILURROBIKH sdri
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:14
Last Modified: 13 Apr 2023 02:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18709

Actions (login required)

View Item View Item