IMPLEMENTASI MEDIA DARING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS 1 MI MA'ARIF NU KEDUNGRANDU KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2021

Hidayatul, Maslamah (2023) IMPLEMENTASI MEDIA DARING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS 1 MI MA'ARIF NU KEDUNGRANDU KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2021. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Hidayatul Maslamah_Implementasi Media Daring dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Ma'arif NU Kedungrandu Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas Tahun 2021.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan piranti yang digunakan oleh seorang pendidik untuk menyampaikan materi atau bahan ajar kepada peserta didik. Dalam praktiknya, media pembelajaran menjadi fasilitas maupun piranti yang memudahkan guru dalam menyampaikan pembelajaran. Media daring merupakan bentuk media yang digunakan oleh seorang guru dalam pembelajaran daring (virtual), media ini mulai populer semenjak pembelajaran dilaksanakan secara daring atau virtual karena adanya wabah covid-19. Pada masa pandemi, pembelajaran tidak dapat dilaksanakan secara normal. Melalui beberapa pertimbangan, Pemerintah memutuskan agar seluruh sistem pembelajaran dari berbagai jenjang dilaksanakan secara daring. Perubahan dinamika yang begitu cepat mengakibatkan tenaga pendidik harus melakukan transformasi pembelajaran dan adaptasi besar-besaran terhadap pola pengajaran. Penyesuaian itu tidak hanya terletak pada metode, strategi maupun jenis evaluasi yang digunakan, melainkan pada aspek media yang digunakan selama pembelajaran.Media pembelajaran daring merupakan jawaban dari problem yang terjadi. Media pembelajaran daring yang peneliti dapatkan berupa Whatsapp, Telegram, Zoom, Youtube dan Tik-Tok dan sejenisnya. Meskipun begitu, penerapan media pembelajaran daring tidak lepas dari kelemahan dan kekurangan. Pada kajian ini, peneliti secara intensif akan menggali lebih jauh mengenai implementasi media daring dalam pembelajaran bahasa Arab pada masa pandemi covid-19 di kelas 1 MI Ma'arif NU Kedungrandu kecamatan Patikraja kabupaten Banyumas tahun 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menemukan banyak problem maupun kendala yang terjadi selama penerapan media pembelajaran daring di sekolah tersebut. Problem yang ditemukan oleh peneliti secara general dibagi menjadi dua, yaitu problem yang berkaitan dengan kondisi siswa, maupun problem teknis sebagai akibat dari penggunaan media pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Daring, Pembelajaran Bahasa Arab, MI Ma’arif NU Kedungrandu.
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hidayatul Maslahah sdri
Date Deposited: 12 Apr 2023 07:12
Last Modified: 12 Apr 2023 07:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18705

Actions (login required)

View Item View Item