PENGARUH PENGETAHUAN, PROMOSI DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN SANTRI MENJADI NASABAH BANK SYARIAH DENGAN MINAT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris Santri Pondok Pesantren Darusalam Dukuhwaluh Purwokerto)

Mohamad, Arkan Zain (2023) PENGARUH PENGETAHUAN, PROMOSI DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN SANTRI MENJADI NASABAH BANK SYARIAH DENGAN MINAT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris Santri Pondok Pesantren Darusalam Dukuhwaluh Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
M. ARKAN ZAIN_PENGARUH PENGETAHUAN PROMOSI DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN SANTRI MENJADI NASABAH BANK SYARIAH DENGAN MINAT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI Studi Empiris Santri Pondok Pesantren Darusalam Dukuhwaluh.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perilaku konsumen merupakan studi yang membahas kegiatan proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh konsumen dalam memilih, membeli, memakai dan memanfaatkan produk ataupun jasa sesuai kebutuhan dan kepuasan konsumen. Namun seringkali timbul permasalahan yang berkaitan dengan keputusan diantaranya adalah pengetahuan, promosi dan kelompok referensi. Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto merupakan pondok yang telah memiliki kerjasama dengan Bank Syariah Indonesia dalam dalam proses pembayaran. Dalam pelaksananya BSI memberikan pengetahuan terkait produk yang mereka miliki dan juga sebagai sarana promosi mereka untuk kepada para santri.Edukasi ini hanya diikuti oleh pengurus pondok baik santri putra ataupun santri putri, yang mana nantinya mereka ditunjuk sebagai pelaksana dan memberikan edukasi kembali kepada santriwan dan santriwati pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan, promosi dan kelompok referensi terhadap keputusan menjadi masabah dengan minat sebagai variabel mediasi.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuesioner yang disebar kepada santri Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto.Jumlah sempel yang digunakan dan diolah adalah sebanyak 90 responden.Metode pemilihan sampel yang digunakan yaitu metode purposive sampling.Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda dan uji efek mediasi. Hasil penelitian dengan tingkat signifikasi 0,1 yaitu 1,745 ini menunjukan bahwa pengetahuan berpengaruh positif terhadap keputusan santri menjadi nasabah Bank Syariah dan minat sebagai variabel mediasi dengan nilai t-hitung sebesar 34,26. Promosi berpengaruh positif terhadap keputusan santri menjadi nasabah Bank Syariah dan minat sebagai variabel mediasi dengan nilai t-hitung sebesar 23,994.Kelompok referensi berpengaruh positif terhadap keputusan santri menjadi nasabah Bank Syariah dan minat sebagai variabel mediasi dengan nilai t-hitung sebesar 33,074.Sehingga dapat disimpulkan bahwa minat dapat bertindak sebagai mediator antara pengetahuan, promosi, dan kelompok referensi terhadap keputusan untuk menjadi nasabah bank syariah. Kata kunci: Pengatahuan, Promosi, Kelompok Referensi, Minat dan Keputusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengatahuan, Promosi, Kelompok Referensi, Minat, Keputusan, Nasabah Bank Syariah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.2 Lembaga Perbankan Khusus
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: MOHAMAD ARKAN ZAIN sdr
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:18
Last Modified: 12 Apr 2023 06:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18683

Actions (login required)

View Item View Item