KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF DI MI MA’ARIF NU PAGERAJI KABUPATEN BANYUMAS

DANI, SISTRIANI (2023) KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF DI MI MA’ARIF NU PAGERAJI KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Tesis_201765003_Dani Sistriani_MPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perubahan global menuntut dunia pendidikan untuk mampu melakukan perubahan dan inovasi. Kepala sekolah merupakan penentu arah kebijakan lembaga pendidikan Oleh karena itu, dibutuhkan kepemimpinan transformatif yaitu figur yang mampu mensinergikan pergerakan SDM lembaga, mampu menunjukkan visi futuristik, memperkuat SDM, serta menyusun dan mewujudkan program-program unggulan dalam mencapai visi lembaga bermutu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan stakeholder MI Ma’arif NU Pageraji. Adapun objek penelitian ini yaitu kepemimpinan transformatif kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan, kepala sekolah MI Ma’arif NU Pageraji menggunakan pola kepemimpinan transformatif dibuktikan dengan 4 (empat) komponen antara lain pertama, perilaku idealisme yaitu visi yang futuristik, pemberdayaan SDM secara optimal, dan pengomunikasikan visi pada seluruh komponen lembaga (BPPMNU, guru dan tenaga kependidikan, serta stakeholder). Kedua, motivasi inspirasi yaitu menjadi role model melalui aksi nyata dalam kedisiplinan, aturan kepegawaian, ide-ide inovatif, berprestasi melalui keterlibatan organisasi berpengaruh di luar lembaga, serta memberikan reward. Ketiga, stimulasi intelektual melakukan survey kebutuhan masyarakat, melakukan analisis SWOT, menyusun strategi program unggulan baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler, penguatan SDM melalui upgrading, workshop, seminar, dan pelatihan. Keempat, perhatian yang diindividualisasikan yaitu membangun lembaga berbasis kekeluargaan, menjunjung tinggi silaturahmi dalam membangun relasi dan menyelesaikan masalah, menjadi pemimpin yang supel, serta melakukan pembinaan religius berupa kajian rutin Ratibul Haddad dan pembacaan Al barzanji dan Asmaul Husna, terbukanya pengembangan minat dan bakat bagi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Transformatif, Kepala Sekolah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dani Sistriani sdri
Date Deposited: 11 Apr 2023 03:09
Last Modified: 11 Apr 2023 03:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18666

Actions (login required)

View Item View Item