Novian Enda, Amentariahta (2023) IMPLEMENTASI METODE GABUNGAN DALAM PEMBELAJARAN MENGHAFAL jUZ'AMMA SISWA KELAS 7 DI MTS MA'ARIF NU 05 MAJASARI PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Novian Enda Amentariahta_Implementasi Metode Gabungan Dalam Pembelajaran Menghafal Juz'Amma Siswa Kelas 7 di MTs Ma'arif NU 05 Majasari Purbalingga.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang di dalamnya berisikan mengenai firman Allah Swt. penyampaiannya melalui perantara malaikat Jibril dan membacanya termasuk sebuah ibadah. Agar dapat menjaga keotentikan dari Al-Qur’an salah satunya dengan cara menghafal. Menghafal yaitu proses menggulang sesuatu baik itu dengan cara membaca atau mendengarkan. Dalam menghafal Al-Qur’an terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menghafal, salah satunya yaitu metode gabungan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode gabungan dalam pembelajaran menghafal Juz’Amma. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi dalam penelitian ini yaitu Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama 05 Majasari. Subjek yang ada dalam penelitian ini meliputi: guru pembimbing program menghafal Juz’Amma, Staff TU, dan siswa. Hasil penelitian mengenai implementasi metode gabungan dalam pembelajaran menghafal siswa kelas 7 yaitu pelaksanaan metode gabungan dalam pembelajaran menghafal Juz’Amma meliputi empat tahap yaitu tahap persiapan dan merefleksi, tahap inti dan menggulang hafalan, tahap menyetorkan dan penutup. Tahap persiapan dan merefleksi dilakukan dengan guru mengucapkan salam dan memimpin siswa untuk membaca Asmaul Husna dan Nazam Kalam Qodim. Kemudian guru memberikan arahan kepada siswa untuk memperhatikan ayat yang akan dihafalkan. Tahap kedua yaitu inti dan menggulang hafalan. Pada tahap ini siswa membaca dan menggulang hafalan sesuai dengan ayat yang telah di perhatikan. Kemudian tahap menyetorkan dan penutup yaitu dengan melakukan setoran hafalan melalui tiga langkah antara lain: a) privat atau individual, b) kelassikal-individual, c) kelassikal baca simak. Kemudian guru pembimbing menutup pembelajaran dengan membaca surah Al- ‘Asr, doa Kafaratul Majlis dan ditutup dengan salam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menghafal Juz'Amma, Metode Gabungan |
Subjects: | 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Novian Enda Amentariahta sdri |
Date Deposited: | 11 Apr 2023 02:37 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 02:37 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18661 |
Actions (login required)
View Item |