STRATEGI MEMBANGUN BRAND IMAGE LEMBAGA PENDIDIKAN DI SMK IDN (ISLAMIC DEVELOPMENT NETWORK) BOARDING SCHOOL JONGGOL KABUPATEN BOGOR

Syailendra Sabdo Djati, Purnomo Sidhi (2023) STRATEGI MEMBANGUN BRAND IMAGE LEMBAGA PENDIDIKAN DI SMK IDN (ISLAMIC DEVELOPMENT NETWORK) BOARDING SCHOOL JONGGOL KABUPATEN BOGOR. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SYAILENDRA SABDO DJATI PS_STRATEGI MEMBANGUN BRAND IMAGE LEMBAGA PENDIDIKAN DI SMK IDN BOARDING SCHOOL JONGGOL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Lembaga Pendidikan Islam mengalami permasalahan umum berupa krisis dalam masalah kualitas, relevansi, elitisme dan manajemen, dan dihadapkan pada pasang surut dan perubahan secara historis. Untuk bertahan menghadapi perubahan maka lembaga pendidikan harus berupaya memasarkan lembaganya (marketing) dengan baik. Membangun brand image merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mempertahankan eksistensi dan kualitas Lembaga Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi membangun brand image lembaga pendidikan SMK IDN Boarding School Jonggol Kabupaten Bogor dan menganalisis implikasinya bagi lembaga pendidikan. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah direktur pendidikan, kepala sekolah, guru, siswa dan orangtua siswa yang merasakan manfaat dari brand image sekolah. Peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dalam penelitian. Sedangkan metode analisis data menggunakan model Miles & Huberman berupa pengumpulan data, reduksi data, menampilkan data dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan strategi membangun brand image Lembaga Pendidikan SMK IDN (Islamic Development Network) Boarding School Jonggol berupa: a. Menentukan identitas brand sekolah (brand identity), b. Menentukan segmentation, targeting dan positioning (STP) sekolah, c. Melaksanakan program-program unggulan dalam bidang akademik dan non-akademik, d. Melakukan publikasi langsung dan tidak langsung, e. Menjaga ekuitas brand image sekolah. Implikasi strategi membangun brand image berupa manfaat yaitu: a. menciptakan pasar sendiri, b. memudahkan penawaran produk baru, c. mempermudah proses stake holder. Pengaruh brand image bagi SMK IDN Boarding School berupa: a. kualitas pelayanan yang baik, b. minat masyarakat memasukkan anaknya meningkat, c. siswa memiliki akhlak yang baik, dan d. kepercayaan masyarakat tinggi terhadap lembaga pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pemasaran sekolah, strategi brand image, implikasi brand image
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.38 Pendidikan Tinggi > 2x7.382 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Syailendra Sabdo Djati Purnomo Sidhi
Date Deposited: 10 Apr 2023 05:41
Last Modified: 10 Apr 2023 05:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18648

Actions (login required)

View Item View Item