Pendidikan Multikultural dalam Kurikulum Sekolah

Muhammad, Nurhalim (2018) Pendidikan Multikultural dalam Kurikulum Sekolah. Lontar Mediatama. ISBN 978-602-5986-12-3

[img]
Preview
Text
Buku Muhammad Nurhalim 2018.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tantangan terberat dalam pendidikan di negara tercinta ini sebagaimana dikatakan Zamroni adalah bagaimana pendidikan mampu menanamkan kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa pada diri peserta didik, sekaligus tantangan bagaimana pendidikan mampu mengembangkan kesadaran tersebut kepada setiap peserta didik agar mampu menghargai berbagai realitas kebhinekaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Tantangan ini harus mampu dijawab pendidikan guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang berkeadaban dan demokratis sebagaimana citacita pendiri bangsa yang dituangkan dalam Pancasila. Perlu adanya pemikiran mendalam bagaimana pendidikan mampu menanamkan prinsip-prinsip multikulturalisme dalam berbagai tatanan dan sistem sekolah. Pemerintah, masyarakat, ahli maupun praktisi pendidikan serta berbagai fihak yang terkait perlu kiranya memikirkan format bagaimana pendidikan yang diterapkan dapat menanamkan jiwa kebhinekaan. Pencarian format ini menjadi penting untuk dilakukan karena peserta didik adalah aset masa depan, karena menurut teori “social reproduction” sekolah merupakan salah satu sarana efektif bagaimana menciptakan masyarakat masa depan.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Multicultural education, Pendidikan keberagaman
Subjects: Tim PAK
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mas Mahbub dakwah
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:29
Last Modified: 10 Apr 2023 04:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18637

Actions (login required)

View Item View Item