IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PURWOKERTO 1 TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Surotul Yasin, 102331153 (2014) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PURWOKERTO 1 TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Surotul Yasin_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan karakter adalah hal yang penting diimplementasikan di lembaga pendidikan, apalagi di Madrasah Aliyah yang notabennya adalah lembaga yang berbasis agama Islam, pendidikan karakter harus diimplementasikan agar tercipta peserta didik Madrasah Aliyah yang memiliki karakter yang lebih baik dari pada peserta didik di Sekolah Menengah Atas (SMA). Selain itu bahwa Madrasah Aliyah Negeri Purwokerto 1 memiliki program-program khusus dalam rangka mengimplementasikan pendidikan karakter. Hal tersebut melatar belakangi skripsi ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Aliyah Negeri Purwokerto 1 Tahun Pelajaran 2013/2014 . Tujuan dari penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui gambaran mengenai implementasi pendidikan katakter peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Purwokerto 1. Skripsi ini membahas tentang implementasi pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Negeri Purwokerto 1. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Negeri Purwokerto 1 adalah melalui integrasi pada pembelajaran, program pengembangan diri dan budaya sekolah serta penambahan jam belajar. Metode yang digunakan adalah keteladanan, penanaman kedisiplinan, pembiasaan, penciptaan suasana kondusif, serta integrasi dan internalisasi. Media yang dipakai dalam pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Negeri Purwokerto 1 adalah media audio, audio visual, poster, plang yang berisi semboyan dan alat musik. Penilaian dilakukan secara komprehensif/holistik pada seluruh ranah, yakni kognitif, psikomotorik dan afektif oleh guru mata pelajaran dan wali kelas. Implementasi pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Negeri Purwokerto 1 telah berjalan dengan baik, dan sudah sesuai dengan teori. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Implementasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 14 Dec 2016 02:24
Last Modified: 14 Dec 2016 02:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1863

Actions (login required)

View Item View Item