ANALISIS AKAD MUAMALAH KONTEMPORER PROGRAM KERJASAMA UNIVERSITY PAYMENT SYSTEM PADA BSI KC PURWOKERTO KARANG KOBAR SEBAGAI SISTEM PEMBAYARAN UKT MAHASISWA UIN SAIFUDDIN ZUHRI

Rohmat, Wardiman (2023) ANALISIS AKAD MUAMALAH KONTEMPORER PROGRAM KERJASAMA UNIVERSITY PAYMENT SYSTEM PADA BSI KC PURWOKERTO KARANG KOBAR SEBAGAI SISTEM PEMBAYARAN UKT MAHASISWA UIN SAIFUDDIN ZUHRI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Rohmat Wardiman_Analisis Akad Muamalah Kontemporer Program Kerjasama University Payment System Pada BSI KC Purwokerto Karang Kobar Sebagai Sistem Pembayaran UKT Mahasiswa UIN Saizu.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai nomenklatur akad dalam program kerjasama university payment system yang dijalin antara BRI Syariah KC Purwokerto (sekarang menjadi BSI KC Purwokerto Karang Kobar) dengan IAIN Purwokerto (sekarang menjadi UIN Saizu Purwokerto), yang digunakan sebagai landasan operasional dalam rangka penyediaan sistem pembayaran Uang Kuliah Tunggal mahasiswa UIN Saizu melalui Bank Syariah Indonesia. Hal tersebut dikarenakan dalam program kerjasama ini belum ditetapkan nomenklatur akad yang digunakan sebagai landasan program kerjasama. Dalam penelitian ini membahas mengenai bagaimana mekanisme dalam program kerjasama yang dijalin antara kedua belah pihak, implementasi dari program kerjasama yang dijalin, serta analisis mengenai nomenklatur akad yang relevan dengan program kerjasama ditinjau dari perspektif akad muamalah kontemporer. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research), teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Serta uji keabsahan data yang dilakukan dengan menggunakan metode triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwasannya mekanisme yang terdapat pada program kerjasama university payment system tersebut yaitu berkaitan dengan pemberian kuasa dari pihak UIN Saizu kepada pihak Bank Syariah Indonesia untuk melaksanakan proses penerimaan pembayaran Uang Kuliah Tunggal dari mahasiswa UIN Saizu. Kemudian, berdasarkan pada analisis yang dilakukan terhadap mekanisme dan implementasi dari program kerjasama ini, disimpulkan bahwa nomenklatur akad yang relevan dengan program kerjasama university payment system antara UIN Saizu dengan BSI KC Purwokerto Karang Kobar ini adalah akad wakalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program Kerjasama, Uang Kuliah Tunggal, Akad Wakalah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.23 Perjanjian (Perburuhan, Tanah, Wadiah Kafalah)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ROHMAT WARDIMAN sdr
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:09
Last Modified: 10 Apr 2023 04:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18603

Actions (login required)

View Item View Item