Strategi Pembelajaran Fiqih Di Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sirau 02 Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas

Masrofah, 1123304092 (2015) Strategi Pembelajaran Fiqih Di Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sirau 02 Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
MASROFAH_STRATEGI PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS II MI MUHAMMADIYAH SIRAU 02 KEMRANJEN BMS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama merupakan kebutuhan setiap umat Islam. Dengan pendidikan agama akan terbentuk keluarga yang baik. Terbentuknya masyarakat yang baik diawali dari keluarga yang baik. Keluarga yang baik akan tercipta apabila para anggotanya dapat melaksanakan perintah Allah SWT serta menjauhi segala larangan Allah SWT. Maka pendidikan agama sangat penting peranannya dalam membentuk keluarga yang baik. Shalat merupakan salah satu rukun Islam. Mengajarkan shalat pada anak – anak merupakan kewajiban bagi orangtua di lingkungan keluarga, kewajiban guru di sekolah. Dari beberapa keterangan, Hadis Rasulullah, menyatakan bahwa shalat merupakan amalan yang amat penting. Dan seharusnya diajarkan kepada anak – anak sedini mungkin. Mengajarkan bacaan dan gerakan shalat bagi anak – anak dapat dilakukan dengan berbagai strategi. Seorang pendidik diharapkan menerapkan strategi yang tepat dalam proses pembelajaran. Pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sirau 02 Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas kemampuan peserta didik dalam menghafal bacaan salat rata – rata baik. Bagaimanakah strategi pembelajaran fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sirau 02 Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas ? Strategi belajar mengajar adalah daya upaya guru dalam menciptakan sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Metode dan jenis penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang menggambarkan mengenai situasi atau kejadian – kejadian. Variabel dalam penelitian ini adalah guru fiqih, peserta didik dan strategi pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk data yang berupa uraian dengan teks yang naratif. Dari analisis yang penulis lakukan setelah melaksanakan penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan dalam proses pembelajaran fiqih di kelas II Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sirau 02 Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas adalah Strategi Reading Guide, Demonstrasi, Role Play, Poster Comment, Information Search, Index Card Macth, dan Teka – teki Silang. Strategi - strategi tersebut dilaksanakan agar tujuan pembelajaran yang telah ditentukan oleh guru dapat tercapai dengan efektif dan efisien

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Shalat, strategi, fiqih, efektif
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 08 Dec 2016 08:57
Last Modified: 08 Dec 2016 08:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1860

Actions (login required)

View Item View Item