LIVING QUR'AN DALAM MISI KEMANUSIAAN ERUPSI GUNUNG SEMERU 2021 (STUDI KASUS SELF EFFICACY RELAWAN PONDOK SEDEKAH KOTA BEKASI)

Muhammad, Bintang Fadhlurrahman (2023) LIVING QUR'AN DALAM MISI KEMANUSIAAN ERUPSI GUNUNG SEMERU 2021 (STUDI KASUS SELF EFFICACY RELAWAN PONDOK SEDEKAH KOTA BEKASI). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
M. BintangFadhlurrahman_Living Qur'an Dalam Misi Kemanusiaan Erupsi Gunung Semeru 2021 (Studi Kasus Self Efficacy Relawan Pondok Sedekah Kota Bekasi).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Animo yang mencuat ke atas permukaan, persoalan relawan kebencanaan kini mulai kembali muncul. Banyak hal yang terjadi di Indoensia perihal sebuah kebencanaan alam. Ihwal tempat dan wilayah Indonesia yang rentan akan bencana alam itu sendiri, namun tak lepas dari peran relawan kebencanaan yang hadir di sekitar mereka juga. Sehingga relawan kebencanaan memiliki tempat tersendiri untuk melakukan aksi heroik nya tersebut. Namun tak seindah itu untuk dibayangkan. Ada banyak kendala yang dihadapi oleh relawan kebencanaan dalam melakukan misi kemanusiaannya. Sehingga memang perlu diberikan tempat tersendiri untuk relawan kebencanaan dapat bergerak didunia sosial-kemanusiaan ini. Pasalnya banyak diantara mereka yang justru harus diketahui kondisi psikologi nya. Melalui kajian ini, sekiranya dapat menjadi celah dan ruang kosong untuk peneliti. Agar mengisi tempat itu untuk mengetahui self efficacy relawan Pondok Sedekah dan tafsir ayat-ayat self efficacy dalam Al Qur’an. Pada misi kemanusiaan bencana alam erupsi Gunung Semeru tahun 2021. Metode penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif yang memiliki jenis penelitian studi kasus bencana alam erupsi Gunung Semeru-tafsir tematik dalam Al Qur’an. Berdasarkan teori self efficacy Albert Bandura dan metode Living Qur’an yang diartikan sebagai ‘Al Qur’an yang hidup’ di masyarakat. Hasil penelitian ini, diantaranya sebagai berikut: pertama, kelima relawan kebencanaan Pondok Sedekah memiliki self efficacy yang bermacam-macam. Dimulai dari dimensi magnitude yang diartikan sebagai tingkat kesulitan relawan Pondok Sedekah dalam menjalankan misi kemanusiaannya, kemudian dimensi strength yang diartikan sebagai potensi dan kemampuan relawan dalam menyelesaikan masalahnya. Sampai pada dimensi generality yang diartikan sebagai tingkat keberhasilan seorang relawan. Kedua, ayat-ayat Al Qur’an yang hidup dalam diri relawan Pondok Sedekah, terdapat tiga surat yang menjadi pembahasan. Yaitu Q.S. Al Insyiraht: 5-6, Q.S. Al Ma’idah: 2, Q.S. An Nisa: 58. Ketiga surat tersebut memiliki pokok pemabahasan dalam kosakata al ‘usr dan yusra, ta’awanu dan taqwa, dan terakhir adalah al amaanah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bencana Alam, Relawan, Self Efficacy, Tafsir
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.19 Ilmu Al Qur'an Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an > 2x1.31 Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: Muhammad Bintang Fadlurrahman sdr
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:31
Last Modified: 05 Apr 2023 07:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18578

Actions (login required)

View Item View Item