STUDI KOMPARATIF: KEBIJAKAN PUBLIK KHALIFAH ABU JA’FAR AL-MANSUR (754-775 M) DAN KHALIFAH HARUN AR-RASYID (786-809 M) PADA MASA DINASTI ABBASIYAH

Adzkiya Zayyan, Mauizah (2023) STUDI KOMPARATIF: KEBIJAKAN PUBLIK KHALIFAH ABU JA’FAR AL-MANSUR (754-775 M) DAN KHALIFAH HARUN AR-RASYID (786-809 M) PADA MASA DINASTI ABBASIYAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Adzkiya Zayyan Mauizah_1917503027_Fiks.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan kebijakan publik Khalifah Abu Ja’far al-Mansur (754-775 M) dengan Khalifah Harun ar-Rasyid (786-809 M) dan analisis perbandingan kebijakan publik keduanya pada masa Dinasti Abbasiyah dengan menggunakan teori sejarah komparatif Sartono Kartodirdjo dan teori kebijakan publik/umum Theodore J. Lowi berbasis pendekatan historis. Adapun, metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri atas: penentuan topik penelitian, heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Temuan penelitian ini menyimpulkan bahwa pertama, terdapat sejumlah kebijakan publik Khalifah Abu Ja’far al-Mansur pada masa Dinasti Abbasiyah apabila dilihat dari bidang pemerintahan/politik, pembangunan kota, ilmu pengetahuan, dan ekonomi. Kedua, ditemukan juga sejumlah kebijakan publik Khalifah Harun ar-Rasyid pada masa Dinasti Abbasiyah apabila dilihat dari bidang pemerintahan/politik, pembangunan kota, ilmu pengetahuan dan ekonomi. Keduanya, memiliki kecendurangan dalam kebijakan publiknya yakni sama-sama lebih banyak memperhatikan pada bidang pemerintah/politik dan ilmu pengetahuan dibandingkan pada bidang pembangunan kota dan ekonomi. Ketiga, dari hasil analisis perbandingan kebijakan publik kedua khalifah ditemukan persamaan dan perbedaan pada kebijakan publik keduanya. Persamaannya adalah bahwa pada masa keduanya menjadi khalifah Dinasti Abbasiyah terdapat bentuk kebijakan redistributif dan konstituen yang sama-sama dilakukan. Sedangkan, perbedaannya adalah pada kebijakan distributif dan konstituen, yang mana pada kebijakan distributif masing-masing memiliki program kebijakan yang berbeda-beda. Begitu juga, dengan kebijakan konstituen, yang mana terdapat kebijakan yang tidak dilakukan pada masa Khalifah Abu Ja’far al-Mansur, tetapi dilakukan pada masa Khalifah Harun ar-Rasyid. Adapun, kebijakan regulatif pada masa keduanya tidak ditemukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Khalifah Abu Ja’far al-Mansur; Khalifah Harun ar-Rasyid; Dinasti Abbasiyah; Kebijakan; dan Studi Komparatif.
Subjects: 2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.4 Daulah Abbasiyah
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Adzkiya Zayyan Mauizah
Date Deposited: 03 Apr 2023 04:29
Last Modified: 03 Apr 2023 04:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18536

Actions (login required)

View Item View Item