MANAJEMEN LAYANAN PENGEMBANGAN LIFE SKILL BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN RETARDASI MENTAL DI SLB NEGERI PURBALINGGA

ERI WAHYUNI, NIM. 1223303037 (2016) MANAJEMEN LAYANAN PENGEMBANGAN LIFE SKILL BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN RETARDASI MENTAL DI SLB NEGERI PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ERI WAHYUNI_MANAJEMEN LAYANAN PENGEMBANGAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_ABSTRAK_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (669kB) | Preview

Abstract

Manajemen merupakan syarat penting dalam pencapaian tujuan dalam sebuah kegiatan, suatu kegiatan akan berjalan lancar ketika memiliki manajemen yang baik. Begitupn halnya dengan layanan pengembangan life skill bagi anak berkebutuhan khusus yang lebih spesifiknya lagi bagi penyandang retardasi mental harus dikelola dengan baik. Mengingat pemberian layanan pengembangan life skill sangat penting, agar anak-anak dengan retardasi mental minimal mampu mengurus dirinya sendiri dan mampu menghadapi problema kehidupannya di masa yang akan datang. Layanan pengembangan life skill akan berjalan dengan maksimal jika sebuah manajemen dilaksanakan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen layanan pengembangan life skill bagi anak berkebutuhan khusus dengan retardasi mental di SLB Negeri Purbalingga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen layanan pengembangan life skill bagi anak berkebutuhan khusus dengan retardasi mental di SLB Negeri Purbalingga. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Perolehan data dilakukan dengan menggali sumber data dari kepala sekolah dan guru pembimbing layanan pengembangan life skill juga pengamatan langsung terhadap proses pelaksanaan program. Adapun objek penelitian ini adalah menejemen layanan pengembangan life skill bagi anak berkebutuhan khusus dengan retardasi mental di SLB Negeri Purbalingga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen layanan pengembangan life skill bagi anak berkebutuhan khusus dengan retardasi mental di SLB Negeri Purbalingga dengan enam tahapan manajemen yang meliputi : perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan penilaian pada layanan pengembangan life skill tersebut. Adapun jenis pengembanagn life skill yang ada untuk anak retardasi mental yaitu, tata rias, tata boga, mencuci motor dan pertanian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Layanan Pengembangan Life Skill, Anak Berkebutuhan Khusus dengan Retardasi Mental
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 08 Dec 2016 01:43
Last Modified: 08 Dec 2016 01:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1844

Actions (login required)

View Item View Item