PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK USIA DINI PADA BUKU CERITA UNTUK ANAK PAUD CERDAS KARYA HERU KURNIAWAN DAN UMI KHOMSIYATUN

LAILI, KHASANAH (2023) PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK USIA DINI PADA BUKU CERITA UNTUK ANAK PAUD CERDAS KARYA HERU KURNIAWAN DAN UMI KHOMSIYATUN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. K. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_LAILI KHASANAH_1717406025.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) karakter disiplin dalam buku Cerita Untuk Anak PAUD Cerdas (2) menumbuhkan kecerdasan intrapersonal anak usia dini pada buku Cerita Untuk Anak PAUD Cerdas (3) untuk mengetahui hubungan antara karakter disiplin dengan kecerdasan intrapersonal anak usia dini. Metode penelitian, yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan model penelitian analisis konten. Peneliti akan menganalisis teks berupa cerita sebagai sumber data serta sebagai kajian dalam indikator disiplin dan kecerdasan intrapersonal, juga korelasi antar keduanya. Peneliti menelaah 5 judul cerita dalam buku Cerita untuk Anak PAUD Cerdas Karya Heru Kurniawan dan Umi Khomsiyatun, yakni Hobi Baru Kerbau, Sampah Laci Kambing, Panda Tak Usil Lagi, Rahasia Pintar Sapi, dan Kunci Pintu Kelas. Dalam penelitian ini diperoleh beberapa temuan yaitu (1) 3 indikator disiplin seperti disiplin waktu, disiplin sikap, dan disiplin menegakkan aturan. (2) kecerdasan intrapersonal yang mengenali diri sendiri, mengerti apa yang diinginkan, dan mengetahui apa yang penting. Dari ketiga aspek kecerdasan intrapersonal tersebut aspek pertama yang mendominasi pada penelitian ini. Dengan demikian, kecerdasan intrapersonal pada cerita-cerita anak telah mencerminkan kehidupan nyata anak usia dini, yang mana mereka masih dalam tahap memahami dan mengenali diri sendiri. antara karakter disiplin dengan kecerdaan intrapersonal memiliki korelasi pada pembentukan karakter anak usia dini. Dimana dalam kelima cerita yang diteliti oleh peneliti, kelimanya memiliki keterkaitan dengan keduanya, yakni ketika karakter disiplin mulai dibentuk dan diterapkan kepada anak, tumbuhlah kecerdasan intrapersonal dengan 3 aspek yang telah disebutkan di atas. Dengan demikian, sebagai orang tua atau pendidik jika ingin memberi perubahan karakter baik kepada anak, maka harus mendekat dengan anak sehingga karakter baik terbentuk sesuai harapan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakter disiplin, kecerdasan intrapersonal
Subjects: 800 Literature and rhetoric > 810 Kesusatraan Indonesia > 813 Fiction
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Laili Khasanah sdri
Date Deposited: 01 Feb 2023 10:16
Last Modified: 01 Feb 2023 10:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18263

Actions (login required)

View Item View Item