TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DALAM MEMPREDIKSI PERILAKU PENGGUNA MOBILE BANKING SYARIAH (STUDI KASUS DI KABUPATEN BANYUMAS)

Herni, Febriana Fatimah (2023) TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DALAM MEMPREDIKSI PERILAKU PENGGUNA MOBILE BANKING SYARIAH (STUDI KASUS DI KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Herni Febriana Fatimah_Technology Acceptance Model dalam Memprediksi Perilaku Pengguna Mobile Banking Syariah (Studi Kasus di Kabupaten Banyumas).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perkembangan mobile banking saat ini merupakan pengaruh dari adanya kemauan atau keinginan seseorang untuk menerima dan memakai suatu teknologi yang berkembang. Akibat yang timbul dari adanya persepsi pengguna teknologi informasi inilah yang pada akhirnya akan mempengaruhi bagaimana sikap seseorang terhadap teknologi informasi tersebut, apakah mereka dapat menerima atau sebaliknya justru menolak. Untuk mengetahui bagaimana penerimaan suatu teknologi bagi pengguna maka digunakanlah suatu teori Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini menggunkan jenis penelitian deskriptif dan menggunakan suatu pendekatan yang bersifat kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu nasabah-nasabah Bank Syariah yang bertempat tinggal di daerah Kabupaten Banyumas dan pernah atau sedang menggunakan mobile banking syari'ah. Penelitian ini menggunakan suatu teknik pengambilan sampel non probability sampling. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini yaitu seorang nasabah bank syariah yang sedang atau pernah menggunakan mobile banking syari’ah dan bertempat tinggal di wilayah Kabupaten Banyumas. Jumlah sampel yang akan diambil dalam penelitian ini yaitu sebesar 100 sampel atau responden. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis, dengan pengolahan data menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived usefulness (kemanfaatan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude towards using (sikap pengguna) mobile banking, perceived ease of use (kemudahan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude towards using (sikap pengguna) mobile banking, perceived usefulness (kemanfaatan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap actual usage (penggunaan nyata) mobile banking, perceived ease of use (kemudahan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap actual usage (penggunaan nyata) mobile banking, attitude towards using (sikap pengguna) mobile banking berpengaruh positif dan signifikan terhadap actual usage (penggunaan nyata) mobile banking, perceived usefulness (kemanfaatan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap actual usage (penggunaan nyata) mobile banking melalui variabel attitude towards using (sikap pengguna) mobile banking pada Bank Syariah di Kabupaten Banyumas. Adapun peran variabel intervening attitude towards (sikap pengguna) merupakan bentuk mediasi sebagian (parsial mediator), dan perceived ease of use (kemudahan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap actual usage (penggunaan nyata) mobile banking melalui variabel attitude towards using (sikap pengguna) pada Bank Syariah di Kabupaten Banyumas. Adapun peran variabel intervening attitude towards (sikap pengguna) merupakan bentuk mediasi sebagian (parsial mediator).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemanfaatan, Kemudahan, Sikap Pengguna, Penggunaan Nyata, Mobile Banking Syariah
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Herni Febriana Fatimah sdri
Date Deposited: 01 Feb 2023 04:10
Last Modified: 01 Feb 2023 04:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18180

Actions (login required)

View Item View Item